Halikinnor Pimpin Panitia Besar Porprov XII Kotim

Redaksi

PALANGKA RAYA- Persiapan pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XII tingkat Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) terus berlanjut. Terbaru, rombongan dari Kabupaten Kotawaringin Timur yang dipimpin langsung oleh Bupati Kotim H Halikinnor menggelar rapat koordinasi dengan Pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Kalteng dan Dispora Provinsi Kalteng, Senin (18/4/2022).
Orang nomor satu di Kotim ini menyampaikan, bahwa pertemuan tersebut dalam rangka mempersiapkan pelaksanaan Porprov yang sudah direncanakan akan digelar Juni 2023. Banyak hal yang perlu dipersiapkan, di antaranya venue yang ada kemungkinan saat ini kondisinya sudah mulai rusak, sehingga harus diperbaiki lagi.
“Makanya kami sekarang ini secara maraton melakukan persiapan. Dan anggarannya juga. Dengan persiapan semua ini, kami harapkan pelaksanaan Porprov bisa berjalan lancar, sukses dan meriah,” kata Halikinnor.
Menurut Halikinnor, kebutuhan anggaran untuk sementara di 2022 ini terutama untuk perbaikan venue yang ada, kurang lebih Rp31 miliar. Kemudian kebutuhan anggaran pada 2023, khusus untuk operasional kegiatannya dan saat ini sedang dalam tahap penyusunan.
Pemerintah Kotim juga melakukan antisipasi terhadap anggaran dengan menyiapkan dana sharing, apabila usulan ke Pemerintah Provinsi tidak sepenuhnya bisa disetujui. Sebagai tuan rumah tetap harus menyiapkan dana. Namun Halikinnor tetap berharap usulan anggaran sepenuhnya dibantu oleh provinsi.
“Walaupun dibantu provinsi, harus tetap ada anggaran di kabupaten karena biasa dari perhitungan kami setelah pelaksanaan bisa saja membengkak anggarannya, kebiasaan seperti itu,” pungkas Halikinnor.
Halikinnor menegaskan tidak ada lagi penundaan pelaksanaan Porprov, kecuali Covid-19 terjadi peningkatan signifikan. Namun berharap tidak terjadi peningkatan, sehingga Porprov bisa digelar sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan.
“Tapi mudah-mudahan tidak. Karena tidak mungkin kita melaksanakan event pertandingan kalau kondisi Covid lagi tinggi. Tapi Insya Allah kita yakin 2023 Covid mungkin sudah tidak ada lagi, sehingga Porprov bisa kita laksanakan,” imbuh Halikinnor.
Halikinnor juga menegaskan selain sukses pelaksanaan, juga ingin sukses secara prestasi. Dia menargetkan tuan rumah meraih juara umum, saat ini sedang membenahi dari sisi atlet dan sedang dipersiapkan. Terkait dengan jumlah cabang olahraga yang dipertandingkan, akan disosialisasikan ke kabupaten/kota di kalteng supaya mereka mempersiapkan atletnya.
Ketua Umum KONI Provinsi Kalteng Eddy Raya Samsuri menambahkan, KONI Kalteng sudah menyerahkan Surat Keputusan (SK) kepada tuan rumah penyelenggara Porprov 2023 yang dilaksanakan juni atau juli.
“Dan ini kita laporkan kepada pak Gubernur agar penganggaran dan program lainnya bisa dilaksanakan dengan baik, kami yakin adanya Porprov XII ini kita bisa mendulang prestasi, terutama untuk atlet muda agar bisa berprestasi di pra PON dan PON 2024,” kata Eddy. yml

Also Read

Tags