Kalteng Potensi Hujan Sepekan

Redaksi

PALANGKA RAYA/Corong Nusantara– Forecaster Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kalimantan Tengah mengonfirmasi kondisi cuaca wilayah Kalteng dalam prakiraan  sepekan, 26 September-2 Oktober 2021, umumnya berawan hingga hujan ringan dan berpotensi hujan sedang hingga lebat.

Sedangkan suhu udara berkisar antara 22°C-32°C. Kelembaban udara berkisar antara 65%-100%. Angin umumnya bertiup dari arah timur laut-barat daya dengan kecepatan berkisar 10-20 km/jam.

Prakirawan BMKG Kalteng Renianata kepada Tabengan, Minggu (26/9), menjelaskan, wilayah yang berpotensi hujan sedang hingga lebat dan dapat disertai petir/kilat serta angin kencang adalah Kotawaringin Barat, Kotawaringin Timur, Sukamara, Lamandau, Seruyan, Katingan, Gunung Mas, Kapuas, Pulang Pisau, Palangka Raya, Barito Utara, Barito Selatan, Barito Timur dan  Murung Raya.

Untuk itu, Renianata mengingatkan masyarakat agar waspada potensi hujan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir/kilat dan angin kencang di sebagian besar wilayah Kalteng.

“Waspada pula potensi adanya genangan air, banjir dan pohon tumbang akibat terjadinya hujan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir/kilat dan angin kencang di wilayah Kalteng,” katanya.

Selain itu, waspada potensi tinggi gelombang berkisar antara 0.5-2.0 meter di wilayah perairan selatan Kalteng. Masyarakat pesisir diimbau agar berhati-hati ketika beraktivitas di laut.

Baca Juga :  Banjir Naik 100 Cm, Mobil Kecil Diminta Putar Balik

Pihak BMKG juga mengingatkan, waspada potensi kemudahan terjadinya kebakaran hutan dan lahan di beberapa wilayah Kalteng ditinjau dari parameter cuaca. Diimbau kepada masyarakat agar tidak melakukan upaya pembersihan dan pembukaan lahan dengan cara dibakar.dsn

Also Read

Tags