Pemkab Kotim Mulai Berikan Bantuan Kepada Guru Ngaji

Redaksi

BANTU-Bupati Kotim Halikinnor ketika menghadiri acara di ponpes al haromain (IST)

SAMPIT/Corong Nusantara-Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Pemkab Kotim) mulai tahun ini sudah memberikan bantuan kepada para guru yang mengajarkan membaca Alquran atau guru ngaji yang ada di wilayah ini.

Bupati Kotim Halikinnor mengatakan, pihaknya sudah memberikan bantuan insentif kepada para guru ngaji setiap bulannya.

“Guru ngaji yang kita berikan insentif merupakan guru ngaji yang ada di kampung-kampung yang statusnya bukan dari PNS,”ujarnya ketika menyampaikan sambutan dalam acara santunan anak yatim di pondok pesantren Al Haromain Sampit, Minggu (7/8/2022) malam.

Menurutnya, bantuan insentif kepada para guru ngaji belum pernah dianggarkan. Untuk itu di masa kepemimpinan dirinya bersama Wakil Bupati Kotim Irawati, dirinya mulai menganggarkan pemberian bantuan insentif kepada para guru ngaji. Meski tidak bisa dicover semua, namun menurutnya pihaknya sudah mencoba memulai untuk memperhatikan kondisi kesejahteraan para guru ngaji.

“Bantuan ini tidak bisa sekaligus semua diberikan karena jumlahnya cukup banyak dan juga menyebar. Namun saya telah mengupayakan meminta kepada Kabag Kesra untuk mencarikan solusi bagaimana dengan kondisi keuangan terbatas namun kita tetap bisa melaksanakan ini,” terangnya

Tak hanya insentif untuk guru ngaji, menurutnya mulai tahun ini juga Pemkab Kotim sudah memberikan bantuan kepada pengurus fardu kifayah.Bantuan yang diberikan pada fardu kifayah diantaranya mesin alkon, alat wireles untuk mempermudah aktivitas para anggota fardu kifayah jika mengurusi pemakaman warga.

“Saya kasihan melihat penggali kubur kadang mereka harus bekerja keras jika kondisi tanah kubur sedang banjir untuk itu saya pikir barang-barang ini penting bagi mereka,” ujarnya.

Dilanjutkan Halikinnor, bantuan ini tidak hanya dibagikan pada umat islam saja namun juga untuk semua agama lain yang nantinya akan diserahkan kepada forum kerukunan agama. Sehingga nantinya semua pengurus akan mendapatkan bantuan ini untuk mempermudah aktivitas para pengurus pemakaman dalam beraktivitas.
(C-May)

Also Read

Tags