XL Axiata Raih Pertumbuhan Double Digit di Semester 1 2023

Redaksi

XL Axiata Raih Pertumbuhan Double Digit di Semester 1 2023

Corong Nusantara – XL Axiata Mencatat Pertumbuhan Kuat di Semester 1 2023. Pada semester pertama tahun 2023, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) berhasil mencatat pertumbuhan yang mengesankan. Meskipun berada dalam kondisi persaingan ketat dan dinamika industri, perusahaan ini berhasil mengukuhkan diri sebagai yang terdepan dalam layanan fixed mobile convergence (FMC) dengan pertumbuhan double digit.

XL Axiata terus berfokus pada eksekusi strategi konvergensi di berbagai bidang, mulai dari produk, infrastruktur jaringan, hingga manajemen. Selama periode ini, total pendapatan perusahaan mencapai Rp 15,78 triliun, mengalami pertumbuhan sebesar 12% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Pendapatan dari layanan data dan digital juga menunjukkan kinerja yang mengesankan, mencapai Rp 14,41 triliun atau sekitar 91% dari total pendapatan perusahaan.

Tidak hanya pendapatan yang meningkat, tetapi juga dampak positif pada EBITDA yang meningkat sebesar 14% YoY dengan margin mencapai 49%, atau setara dengan Rp 7,65 triliun. Laba bersih setelah dinormalisasi (NPAT) juga meningkat menjadi Rp 658 miliar.

Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini, menyatakan kebanggaannya atas kinerja solid perusahaan yang berhasil mencatat pertumbuhan double digit di Semester 1 2023. Keberhasilan ini terlihat dari pertumbuhan pendapatan, EBITDA, dan NPAT.

Baca Juga :  WordPress vs Blogger: Mana yang Lebih Baik untuk Pemula?

XL Axiata tidak hanya meraih kesuksesan dalam layanan FMC, tetapi juga berhasil menarik lebih banyak pelanggan. Pada akhir semester pertama 2023, total pelanggan perusahaan mencapai 58 juta, dengan peningkatan blended ARPU (average revenue per user) dari Rp 38 ribu menjadi Rp 41 ribu.

Peningkatan ARPU ini sejalan dengan upaya perusahaan untuk menarik dan mempertahankan pelanggan yang produktif. Strategi transformasi digital yang dilakukan XL Axiata melalui aplikasi MyXL dan AXISNet juga memberikan hasil yang mengesankan, dengan lebih dari 27 juta pelanggan aktif menggunakan kedua aplikasi tersebut.

Aplikasi MyXL dan AXISNet telah meningkatkan pengalaman pelanggan dan mendukung upaya monetisasi perusahaan melalui pemahaman yang lebih baik tentang kebutuhan pelanggan. Dengan data yang dikumpulkan dari aplikasi ini, perusahaan dapat memprediksi tren dan perilaku pelanggan, sehingga dapat memberikan penawaran yang tepat pada waktu yang tepat.

Salah satu strategi kunci yang telah berhasil diterapkan oleh XL Axiata adalah personalisasi penawaran dan layanan. Dengan fokus pada kepuasan pelanggan, data net promoter score (NPS) meningkat secara signifikan, yang pada gilirannya mendorong penggunaan layanan dan meningkatkan pendapatan.

Penerapan strategi berbasis digital juga memungkinkan perusahaan untuk menginvestasikan dana secara efisien dalam membangun jaringan dan memenuhi kebutuhan pelanggan dari berbagai segmen.

Baca Juga :  Pembaruan Versi 2.6, Para Pemain PUBG Mobile Bisa Bertempur Ditemani Dinosaurus

Pada sisi jaringan, XL Axiata telah melakukan upaya peningkatan kualitas yang signifikan, yang telah meningkatkan pengalaman pelanggan. Dengan mengalokasikan belanja modal (Capex) sebesar Rp 8 triliun, perusahaan berhasil meningkatkan jumlah BTS 4G hingga mencapai 97.125 unit, dengan pertumbuhan 9,8% dibandingkan tahun sebelumnya.

Dukungan jaringan fiber optic mencapai 59%, memastikan kualitas pengalaman jaringan yang lebih baik untuk para pengguna layanan perusahaan. Trafik data yang tumbuh sebesar 21% YoY menunjukkan tingginya minat pengguna pada layanan XL Axiata.

Dari segi keuangan, XL Axiata menunjukkan posisi yang sehat dengan utang kotor mencapai Rp 9,97 triliun dan rasio gearing net debt to EBITDA sebesar 2,67x. Utang bersih perusahaan mencapai Rp 8,4 triliun.

Pada aspek strategis lainnya, XL Axiata terus memimpin di layanan FMC. Melalui kerja sama dengan Link Net, perusahaan berupaya untuk meningkatkan penetrasi layanan konvergensi di Indonesia. Dalam lima tahun ke depan, XL Axiata dan Link Net berkomitmen untuk memperluas cakupan layanan hingga 8 juta home pass.

Selain itu, XL Axiata juga terus mengembangkan produk dan layanan ke segmen korporat dan usaha kecil menengah (UKM), mengikuti perkembangan kebutuhan dalam teknologi informasi dan komunikasi.

Dukungan dari berbagai sektor, termasuk penghargaan dari dalam dan luar negeri, menjadi bukti kesuksesan XL Axiata di semester pertama tahun 2023. Perusahaan meraih apresiasi sebagai Best Companies to Work for in Asia Indonesia Chapter dan Digital Transformation dalam ajang HR Asia Best Companies to Work for in Asia Awards 2023.

Baca Juga :  Asus Zenfone 10: Desain Elegan dengan Lima Varian Warna yang Menawan

Penghargaan lainnya termasuk Broadband Telecom Company of the Year – Indonesia dan Marketing & Brand Initiative of the Year – Indonesia untuk XL Home dari Asian Telecom Awards 2023, serta Penghargaan Main Index, High Growth, dan High Market Capitalization – Indeks TEMPO-IDNFinancials 52.

XL Axiata terus berupaya menjadi yang terdepan dalam layanan FMC, dengan strategi konvergensi yang kuat dan penerapan berbasis data analytics. Kinerja yang mengesankan ini merupakan hasil dari dedikasi dan inovasi perusahaan dalam menghadapi tantangan dan memanfaatkan peluang di era digital.

Also Read

Tags