4 Cara Menghapus Akun Threads Tanpa Kehilangan Akun Instagram

Redaksi

4 Cara Menghapus Akun Threads Tanpa Kehilangan Akun Instagram

Cara Menghapus Akun Threads Tanpa Kehilangan Akun Instagram – Meta, perusahaan di balik aplikasi media sosial Threads, sedang menjadi sorotan saat ini. Dalam waktu kurang dari 24 jam sejak diluncurkan, aplikasi ini telah berhasil menarik lebih dari 70 juta pengguna.

Namun, meskipun popularitasnya meningkat, banyak pengguna merasa bahwa aplikasi baru ini masih memiliki kekurangan dan keluhan. Salah satu masalah yang sering muncul adalah sulitnya menghapus akun Threads tanpa kehilangan akun Instagram.

Hal ini terjadi karena saat mendaftar di Threads, pengguna diharuskan memiliki akun Instagram terlebih dahulu, dan data dari akun Instagram tersebut secara otomatis terintegrasi ke dalam akun Threads.

Namun, jangan khawatir. Terdapat beberapa cara yang dapat kamu ikuti untuk menghapus akun Threads tanpa harus kehilangan akun Instagrammu. Berikut ini adalah caranya yang telah kami rangkum dari LifeHacker pada hari Senin (10/7/2023).

Cara Menghapus Akun Threads Tanpa Kehilangan Akun Instagram

Hapus Postingan di Threads Secara Manual

Jika kamu tidak ingin postingan atau kontenmu dilihat oleh semua orang, maka kamu dapat menghapus semua postingan yang pernah kamu bagikan di Threads secara manual. Memang akan membutuhkan waktu jika kamu telah banyak melakukan posting, karena kamu harus menghapus satu per satu postingan tersebut.

Baca Juga :  Fitur Mirip TikTok, Pengguna Instagram Kini Dapat Mengunduh Reels Orang Lain

Untuk menghapusnya, kamu perlu masuk ke halaman profil Threads. Pada setiap postingan, kamu akan melihat tanda tiga titik di pojok kanan atas. Pilih tanda tersebut dan pilih opsi hapus.

Setidaknya dengan cara ini, postingan atau kontenmu tidak akan tersedia untuk umum dan tidak akan terhubung dengan hal lain. Selain menghapus postingan, pastikan juga untuk menghapus informasi pribadimu dalam bio dan hapus semua pengikutmu dengan menghapus mereka dari daftar pengikut.

Jadikan Profilmu Pribadi

Jika kamu malas menghapus postingan secara manual satu per satu dan tidak ingin postingan atau kontenmu dilihat oleh banyak orang, maka opsi terbaik adalah menjadikan profilmu menjadi privat atau pribadi.

Dengan mengatur profilmu menjadi pribadi, kamu dapat menghapus semua pengikut atau membatasi hanya teman terdekat yang dapat melihat profilmu. Untuk melakukannya, buka menu pada profilmu dan pilih opsi Privasi > Profil Pribadi, lalu aktifkan fitur tersebut.

Menonaktifkan Profil untuk Sementara

Jika kamu benar-benar tidak ingin muncul di Threads sama sekali, kamu bisa menonaktifkan akunmu. Langkah ini tidak akan menghapus data, karena data tersebut masih akan tersimpan di server Meta.

Dengan menonaktifkan akunmu, setidaknya profilmu tidak akan tersedia untuk umum, dan namamu tidak akan muncul dalam hasil pencarian. Selain itu, kamu juga tidak akan bisa ditandai dalam percakapan.

Baca Juga :  3 Cara Mudah Download Instagram di Laptop Yang Wajib Dicoba

Kamu dapat mengaktifkan kembali akun Threads kapan pun yang kamu inginkan dengan cara masuk kembali ke akun tersebut. Suatu hari nanti, ketika Threads menambahkan opsi untuk menghapus profil secara permanen, kamu dapat kembali dan melakukan penghapusan yang lebih tegas.

Untuk menonaktifkan akun Threads, buka menu pada profilmu dan pilih opsi Akun > Nonaktifkan Profil > Nonaktifkan Profil Threads.

Menonaktifkan Profil Instagram Juga

Jika kamu benar-benar tidak ingin memiliki hubungan dengan Meta, kamu dapat menghapus seluruh profil Instagrammu. Dengan begitu, perusahaan akan terpaksa menghapus semua data yang kamu miliki dari server mereka, dan membersihkan jejakmu dari catatan publik.

Pada aplikasi Instagram, buka pengaturan dan temukan opsi Pusat Akun > Detail Pribadi > Kepemilikan dan Kontrol Akun > Penonaktifan atau Penghapusan. Di sana, pilih akun yang ingin kamu hapus, dan ikuti langkah-langkah untuk menghapus akun tersebut.

Jika kamu menggunakan Instagram melalui web, kamu dapat mengunjungi halaman Hapus Akun untuk memulai proses penghapusan.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu dapat menghapus akun Threads tanpa harus kehilangan akun Instagrammu. Pastikan kamu mengikuti setiap langkah dengan hati-hati agar tidak ada kesalahan dalam proses penghapusan.

Also Read