5 Cara Membuat Puzzle Feed Instagram dengan Mudah dan Cepat

Redaksi

Cara Membuat Puzzle Feed Instagram dengan Mudah dan Cepat

Cara Membuat Puzzle Feed Instagram – Puzzle feed tengah menjadi tren di kalangan pengguna Instagram saat ini. Banyak orang mencari cara membuat puzzle feed Instagram yang mudah dilakukan oleh pemula dan tidak memakan waktu lama.

Cara Membuat Puzzle Feed Instagram

Menyiapkan Grid

Langkah pertama dalam membuat puzzle feed adalah menyiapkan grid sebagai pembatas untuk menciptakan tampilan feed seperti puzzle. Tidak perlu khawatir, membuat grid ini sangatlah mudah. Berikut adalah langkah-langkah cara membuatnya menggunakan aplikasi Canva.

  • Buka Canva melalui browser yang Anda miliki dan buatlah canvas baru di halaman utama Canva.
  • Pilih opsi “Buat Desain” dan pilih “Desain Kustom” (Custom Design).
  • Tentukan ukuran puzzle yang ingin Anda buat, biasanya ukuran yang digunakan untuk puzzle Instagram adalah 3240 piksel.
  • Setelah menentukan ukuran canvas, Anda dapat mulai menyunting gambar dan memilih grid yang sesuai. Umumnya, grid yang digunakan adalah 3×3.

Memilih Template yang Cocok

Setelah grid dibuat, langkah berikutnya adalah memilih template yang ingin digunakan. Pembuatan template ini berdasarkan grid yang telah dibuat sebelumnya.

  • Buat garis kisi dengan mengklik elemen “line”.
  • Pilih model garis yang sesuai dan tarik garis-garis tersebut untuk menentukan batasan puzzle.
  • Ketika semua garis sudah terbentuk, hapus garis-garis grid yang sebelumnya telah dibuat.
Baca Juga :  Download Video Reels Instagram Dengan 3 Cara Mudah

Membuat Konten

Langkah selanjutnya dalam cara membuat puzzle feed Instagram adalah mulai membuat konten. Di sini, Anda bisa menambahkan teks, gambar, atau elemen lain untuk membuat tampilan konten menjadi lebih menarik.

Gunakan fitur-fitur yang ada di Canva untuk mempercantik tampilan konten yang akan diunggah. Lakukan penyuntingan untuk memastikan bahwa tampilan grid sudah sesuai dan sempurna.

Memotong Gambar

Setelah konten dibuat dengan grid dan template sebagai panduan, langkah berikutnya adalah memotong gambar agar tampilannya seperti puzzle yang sesungguhnya. Berikut adalah cara memotong gambar menggunakan Pinetool:

  • Buka peramban (browser) yang Anda miliki dan kunjungi situs Pinetool di https://pinetools.com/.
  • Setelah Pinetool terbuka, pilih menu “Split Image” yang terletak di sebelah kiri halaman.
  • Unggah foto yang sebelumnya telah dibuat dan pilih menu “Option”. Selanjutnya, pilih menu opsi “Both Grid”.
  • Anda dapat mengatur pemotongan foto secara mendatar maupun ke bawah sesuai dengan jumlah postingan yang ingin Anda buat.
  • Setelah selesai, pilih menu “Split Image” dan unduh hasil foto yang sudah dipotong.

Mengunggah Foto

Langkah terakhir adalah mengunggah foto yang telah dipotong dengan sempurna ke akun Instagram. Pastikan untuk mengunggahnya dengan urutan yang benar, sehingga tampilan feed tidak terlihat aneh dan tetap menarik.

Baca Juga :  3 Cara Mudah Download Instagram di Laptop Yang Wajib Dicoba

Sebelum mengunggah, lakukan pengecekan dan review terlebih dahulu untuk memastikan hasilnya sesuai dengan yang diinginkan. Jika belum sesuai, Anda bisa mencoba mengunggahnya kembali hingga memuaskan.

Demikianlah cara membuat puzzle feed Instagram dengan mudah dan cepat. Semua aplikasi dan situs web yang digunakan dalam tutorial ini sangat mudah diakses, jadi Anda bisa langsung mencobanya. Selamat mencoba!

Also Read