5 Cara Mengecilkan Ukuran File Word di Perangkat Ponsel

Redaksi

5 Cara Mengecilkan Ukuran File Word di Perangkat Ponsel

Cara Mengecilkan Ukuran File Word – Semakin mudahnya akses digital dan kebutuhan untuk menyimpan berbagai dokumen dalam perangkat ponsel membuat pentingnya mengatur ukuran file menjadi sebuah perhatian.

Bagi pengguna yang ingin mengecilkan ukuran file Word di ponsel mereka, ada beberapa cara yang dapat diikuti dengan mudah dan aman. Berikut ini adalah beberapa metode untuk mengecilkan ukuran file Word di perangkat ponsel dengan menggunakan aplikasi terpercaya dan fitur bawaan.

Cara Mengecilkan Ukuran File Word

Mengubah Ukuran Gambar

Salah satu cara yang sering diabaikan adalah mengubah ukuran gambar yang ada dalam file Word. Pengguna dapat dengan mudah mengurangi ukuran file dengan mengompres gambar yang digunakan. Di dalam Word, pengguna bisa menggunakan fitur crop atau format gambar untuk mengatur ukuran gambar. Selain itu, pengguna juga dapat mempertimbangkan untuk mengkompres gambar sebelum dimasukkan ke dalam dokumen agar ukuran filenya lebih kecil.

Menggunakan Fitur Insert Gambar

Fitur “Insert Gambar” pada Word tidak hanya berguna untuk memasukkan gambar, tetapi juga dapat menyisipkan gambar ke dalam dokumen. Dengan menggunakannya, gambar yang disisipkan secara tidak langsung dapat mengurangi ukuran file. Jika pengguna ingin menambahkan banyak gambar tanpa menambah ukuran file, fitur ini layak dicoba. Dengan begitu, ukuran file akan tetap kecil dan tidak akan menghabiskan banyak penyimpanan.

Baca Juga :  2 Cara Mengubah Word ke Pdf yang Wajib Dicoba

Menyimpan dengan Format Tertentu

Word menyediakan fitur “Save As” yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan dokumen dengan format tertentu. Beberapa format memiliki ukuran file yang lebih kecil daripada format lainnya. Oleh karena itu, dengan menyimpan file dalam format tertentu, pengguna dapat memperoleh ukuran yang lebih kecil.

Mengkompres Secara Langsung di Word

Salah satu cara paling efektif untuk mengecilkan ukuran file Word di ponsel adalah dengan mengkompresnya langsung di dalam aplikasi Word. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Cari dan buka file Word yang ingin dikecilkan ukurannya.
  • Lakukan penyuntingan atau penyesuaian yang diperlukan pada dokumen.
  • Klik bagian kiri pojok atas, buka menu “Save As.”
  • Tentukan lokasi untuk menyimpan file dan pilih “Tool.”
  • Cari opsi “Compress Picture” di menu “Tool.”
  • Aktifkan opsi “Delete cropped areas of the picture.”
  • Pilih resolusi “Email (96ppi)” di bagian “Resolution.”
  • Simpan file setelah pengaturan selesai, dan tunggu proses penyimpanan selesai.

Mengompres dengan Bantuan Online

Jika pengguna tidak ingin mengubah gambar atau format dalam dokumen, mereka dapat mencoba menggunakan layanan kompresi online yang tersedia secara cepat di ponsel. Caranya sebagai berikut:

  • Buka aplikasi peramban di ponsel dan kunjungi alamat “docucompress.com.”
  • Pilih “Select File to Compress” dan pilih file yang ingin diubah ukurannya.
  • Tunggu hingga proses pengunggahan selesai.
  • Lakukan kompresi file.
  • Setelah selesai, unduh file yang telah dikompresi.
Baca Juga :  2 Cara Mengubah Word ke Pdf yang Wajib Dicoba

Dengan cara-cara yang disebutkan di atas, mengecilkan ukuran file Word di perangkat ponsel menjadi sangat mudah. Selain itu, semua langkah tersebut dapat dilakukan tanpa memerlukan aplikasi tambahan, sehingga pengguna dapat dengan cepat mengelola ruang penyimpanan pada perangkat mereka.

Also Read