Bos ChatGPT Meluncurkan Aset Kripto Worldcoin Dengan Teknologi Iris Biometrik

Redaksi

Bos ChatGPT Meluncurkan Aset Kripto Worldcoin Dengan Teknologi Iris Biometrik

Corong Nusantara – Pembuat aplikasi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) ChatGPT, Sam Altman, telah secara resmi merilis aset kripto berteknologi iris biometrik yang dinamai Worldcoin (WLD).

“Kami merasa perlu untuk mulai bereksperimen dengan berbagai hal, dan itulah sebabnya kami meluncurkan proyek Crypto Worldcoin,” ungkap Altman melalui cuitan di akun Twitternya pada Senin (24/7/2023).

Pendanaan seri C senilai 115 juta dolar AS untuk menciptakan Worldcoin dipimpin oleh perusahaan kripto ternama seperti Blockchain, 16z, Bain Capital Crypto, dan Distributed Global.

Worldcoin memiliki perbedaan dengan aset kripto lainnya karena Altman mengklaim bahwa aset kripto ini lebih canggih dengan penggunaan teknologi biometrik yang terhubung dengan perangkat khusus bernama Worldcoin Orb. Perangkat ini mampu melakukan pemindaian iris mata, tubuh, dan wajah pengguna dengan pencitraan gambar resolusi tinggi.

Proyek kripto Worldcoin juga mengandalkan kredensial PoP dari kecerdasan buatan (AI) yang aman untuk menjaga privasi dan autentikasi pemilik token di dunia maya.

“Worldcoin yang menggunakan World ID didesain sebagai anonim dan tidak terhubung dengan dompet pengguna. Sementara itu, teknologi biometrik hanya digunakan untuk memverifikasi dan memulihkan data, sehingga siapa pun dapat menggunakan World ID tanpa perlu memberikan informasi pribadi seperti nama, alamat email, nomor telepon, profil sosial, dan lainnya,” jelas Altman.

Baca Juga :  90 Persen Bank Sentral Tertarik Untuk Menjajaki Mata Uang Digital

Sebelum dirilis untuk publik, proyek kripto ini telah diuji oleh pengguna beta. Meskipun banyak yang meragukan keamanannya, Worldcoin telah berhasil menarik 2 juta pengguna selama periode beta sejak dirilis pada bulan Maret lalu.

Kesuksesan ini mendorong Sam Altman untuk mengembangkan peluncuran Worldcoin ke 35 kota di 20 negara, dengan tujuan membantu mengatasi bagaimana ekonomi dapat dibentuk kembali oleh kecerdasan buatan generatif, seperti yang dikutip dari Reuters.

Dengan merilis aset kripto Worldcoin, Sam Altman menegaskan komitmennya untuk terus berinovasi dalam dunia kecerdasan buatan dan teknologi kripto. Aset kripto ini diharapkan dapat membawa perubahan positif dalam ekonomi digital dan memberikan solusi keamanan yang lebih maju bagi para pengguna di seluruh dunia. Keberhasilan proyek ini menjadi titik balik penting dalam sejarah perkembangan teknologi blockchain dan kripto yang semakin berkembang pesat.

Also Read