DPRD Soroti Ketertiban Masyarakat Membuang Sampah

Redaksi

SAMPIT/Corong Nusantara-Anggota Fraksi Golkar DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Darmawati menilai permasalahan sampah yang kerap muncul tidak terlepas dari masih rendahnya kesadaran sebagian warga dalam membuang sampah.
“Kesadaran sebagian masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya yang masih rendah, padahal sudah ada depo-depo sampah yang sudah disiapkan,” ujarnya Senin (25/4/2022).
Politisi perempuan yang duduk di Komisi II ini juga mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam mengatasi masalah sampah di daerah ini. Caranya bisa dimulai dari diri dan keluarga sendiri yakni dengan tertib membuang sampah.
Tertib membuang sampah tidak hanya selalu membuang pada tempatnya, yaitu di depo sampah, tetapi juga tertib dalam hal waktu membuang sampah agar semua bisa terangkut.
Saat ini terdapat tujuh depo sampah skala besar dan kecil serta beberapa titik tempat pembuangan sampah sementara di Sampit. Meski sudah disiapkan depo sampah, namun masih ada saja warga yang membuang sampah sembarangan, seperti di tanah-tanah kosong, pinggir jalan, bahkan ke sungai.
Tindakan itu, jelas merugikan orang banyak karena sampah akan menumpuk hingga menimbulkan bau busuk dan pemandangan tidak baik. Ini akan menambah berat pekerjaan petugas kebersihan karena mereka harus mengangkut sampah yang berserakan tidak pada tempatnya.
Tidak tertib dalam waktu membuang sampah juga selama ini banyak menimbulkan masalah. Padahal Pemerintah Daerah sudah membuat aturan bahwa waktu membuang sampah dimulai pada malam hingga subuh karena pagi harinya akan diangkut oleh petugas.
Menurut Darmawati, seharusnya warga turut membantu dengan disiplin mematuhi aturan dalam membuang sampah. Apalagi saat ini petugas masih kekurangan truk angkutan sampah sehingga seharusnya warga turut membantu agar pengangkutan sampah lebih efektif.
“Kalau kita selaku masyarakat tidak membantu, maka permasalahan sampah ini akan terus ada, padahal ketika sampah menumpuk, kita juga mengeluh. Makanya kami mengajak masyarakat juga membantu dengan disiplin dalam membuang sampah,” terangnya. c-may

Also Read

Tags