Perusahaan Ini Sukses Manfaatkan Platform Digital Untuk Komunikasikan Inovasi Masyarakat

Redaksi

Tabengan – Platform digital seperti media sosial dan website termasuk microsite kini banyak dimanfaatkan korporasi untuk mengedukasi masyarakat, termasuk pula untuk memperkenalkan inovasi-inovasi baru yang dilahirkan perusahaan.

Interaksi di media sosial yang intens bisa memunculkan engagement kuat antara produsen dan konsumen sekaligus menghasilkan persepsi dan insight yang bagus tentang produk yang dihasilkan dan kemudian dipasarkan.

Strategi ini dinilai berhasil dilakukan oleh PT Penguin Indonesia di bisnis pengadaan tandon air untuk rumahan dan industrial.

Mulyadi Salim, Marketing Communication Manager PT Penguin Indonesia mengatakan, untuk mengkomunikasikan produknya yang fungsional dan lebih semakin dikenal masyarakat pihaknya memanfaatkan platform media sosial.

Hasilnya, nama dan produk perusahaan ini diulas di lebih dari 100 ribu halaman internet, dan didukung oleh 21 ribu lebih pengikut halaman facebook.

Perusahaan juga memanfaatkan platform Instagram dan adminnya kini mengelola 19 ribu lebih followers.

Strategi memaksimalkan platform digital ini menurut Mulyadi antara lain untuk mengkomunikasikan penggunaan teknologi pelapis UV20+ dengan tingkat perlindungan cuaca tertinggi untuk produk tandon airnya.

Teknologi ini diklaim mampu meningkatkan durability produk hingga 3x lebih awet dibandingkan plastik pada umumnya. “Hal ini membuat Penguin menjadi satu-satunya perusahaan toren air yang dapat memberikan jaminan/garansi produk sampai dengan 38 tahun,” kata Mulyadi.

Baca Juga :  Prediksi Barcelona VS Napoli 13 Maret 2024

Berkat strategi marketing dan inovasi yang dijalankan, bisnis Penguin pun terus mengalami perkembangan. Mulyadi mengatakan, dalam tiga tahun terakhir, perusahaannya meraih angka penjualan yang baik dengan profitablitas yang sangat baik.

“Growth yang baik ini ditunjang dengan recovery ekonomi Indonesia setelah masa pandemi berakhir,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang dikutip Jumat, 5 Mei 2023.

Pencapaian ini menurut Mulyadi, menjadi motivasi bagi perusahaan untuk terus menciptakan inovasi-inovasi lainnya agar dapat memenuhi kebutuhan masyarakat.

Penguin Indonesia menggarap bisnis tandon air sejak tahun 1982 dan produk perusahaan ini dipasarkan di seluruh Indonesia dalam beragam ukuran untuk pasar rumah tangga dan industri.

Perusahaan ini di 2023 ini masuk dalam jajaran Indonesia Digital Popular Brand Award 2023 dari Infobrand bekerjasama dengan Tras N Co, sebuah perusahaan consulting untuk perusahaan di Indonesia yang dinilai berhasil membangun popularitas serta meningkatkan aktifitas brand melalui media digital atau internet. Penyerahan penghargaan dilakukan dalam awarding ceremony, 31 Maret 2023 di Jakarta.

Susilowati Ningsih, CEO Infobrand mengatakan riset yang dilakukan lembaganya mengacu pada tiga parameter penilaian; Search Engine Based, Social Media Based, dan Website Based. Riset ini dilakukan pada Desember 2022 sampai Februari 2023, terhadap 250 kategori produk dengan lebih dari 1.500 brand.

Also Read