200 Warga Palestina Dan Ribuan Warga Israel Hadiri Acara Memorial Day Di Tel Aviv

Redaksi

200 Warga Palestina Dan Ribuan Warga Israel Hadiri Acara Memorial Day Di Tel Aviv

Corong Nusantara – Sejumlah 200 warga Palestina menghadiri upacara Memorial Day di Kota Tel Aviv, Israel pada Senin (24/4/2023).

Sebelumnya, pengadilan tinggi Israel telah mengizinkan 200 warga Palestina itu untuk berpartisipasi.

Sementara, segelintir aktivis sayap kanan berdemonstrasi di luar acara.

Warga Palestina itu bertemu dengan ribuan warga Israel di sudut Taman Ganei Yehoshua, Kota Tel Aviv.

Sekira ada 15.000 orang yang hadir dalam acara itu, termasuk delegasi dari Kedutaan Besar AS yang dipimpin oleh George Noll, kepala Kantor Urusan Palestina, dikutip dari Haaretz.

Mereka memperingati ‘Memorial Day’ untuk mengenang tentara Israel dan korban yang gugur dalam serangan teror saat pendirian negara Israel.

Memorial Day adalah acara tahunan yang diselenggarakan oleh kelompok sayap kiri, Combatants for Peace.

Acara ini dirancang untuk menyatukan warga Israel dan Palestina yang telah kehilangan orang yang dicintai dalam konflik, dan dianggap sebagai simbol harapan bagi sebagian orang.

Memorial Day dipandang oleh sebagian besar orang Israel sebagai peringatan khidmat dan di atas politik partisan.

Menhan Israel sempat Larang Partisipasi Palestina

Menteri Pertahanan Israel, Yoav Gallant, pada awal April ini mencoba mencegah warga Palestina menghadiri acara tersebut dengan menghalangi peserta memasuki Israel.

Baca Juga :  Tentara Israel Serbu Masjidil Aqsa, Respons Internasional Berbanding Terbalik Dengan Krisis Ukraina

Combatants for Peace telah meminta izin masuk ke Israel untuk 169 orang Palestina untuk berpartisipasi dalam pertemuan itu.

Pengadilan Tinggi pada hari Minggu memerintahkan Yoav Gallant untuk mengizinkan orang Palestina masuk ke Israel untuk hadir.

Dalam keputusan tertulis yang tajam, pengadilan mengatakan “menyesali” fakta bahwa keputusan Gallant dibuat bertentangan dengan dua keputusan pengadilan sebelumnya dari tahun 2018 dan 2019 yang memerintahkan Menteri Pertahanan Israel pada saat itu untuk mengizinkan warga Palestina yang diundang ke acara tersebut untuk memasuki Israel.

Pidato di Malam Memorial Day

Dalam pidato perwakilan dari Parents Circle — Families Forum, sebuah kelompok duka Israel-Palestina, mengatakan ada rasa sakit dan mendorong diakhirinya konflik yang merenggut nyawa orang yang mereka cintai.

“Kepedihan atas kehilangan kami, dan harapan kami bersama untuk mengakhiri konflik, yang mengikat kami bersama dan memperkuat kami,” kata Anat Marnin dari Israel, yang kehilangan dua saudara laki-lakinya pada hari yang sama selama Perang Yom Kippur 1973.

Seorang partisipan, Yuval Sapir, berbagi ceritanya dengan orang-orang Israel yang berkumpul dan sekitar 150 orang Palestina Tepi Barat, tentang saudara perempuannya yang meninggal dunia karena menjadi korban konflik.

“Mudah dan alami untuk membenci, dan marah, dan ingin balas dendam, dan mengobarkan api konflik lagi dan lagi,” kata Sapir, Senin (24/4/2023) malam, dikutip dari The Times of Israel.

Baca Juga :  Puluhan Keluarga Di Gaza Kehilangan Rumah Mereka Akibat Serangan Udara Israel

“Saya memilih untuk mencoba memutuskan rantai balas dendam dan kebencian,” lanjutnya.

Yusra Abdel Aziz Mahfouz dari Kota Nablus di Tepi Barat, yang kehilangan putranya Alaa karena peluru nyasar pada tahun 2000, menggambarkan peralihannya dari rasa dendam ke perdamaian.

Melalui pertemuan dengan keluarga Palestina dan Israel yang berduka, Mafouz mengatakan dia memahami rasa sakit mereka serupa dengannya.

Adel Abu Badawiya dari Jenin, Tepi Barat, kehilangan saudara laki-lakinya Majid saat bersembunyi dari pasukan Israel.

Dia menggunakan perayaan Memorial Day untuk mendorong diakhirinya kehadiran Israel di Tepi Barat.

“Kami orang Palestina, Israel, Arab, dan Yahudi harus berusaha mengubah kenyataan dan menciptakan masa depan yang lebih baik untuk anak-anak kami. Masa depan di mana tidak ada rasa sakit, ketakutan, dan pekerjaan,” katanya.

Also Read