5 Aplikasi CCTV yang Bisa Dipantau Melalui Smartphone untuk Menjaga Keamanan

Redaksi

5 Aplikasi CCTV yang Bisa Dipantau Melalui Smartphone untuk Menjaga Keamanan

Aplikasi CCTV yang Bisa Dipantau Melalui Smartphone – Memasang kamera CCTV telah menjadi cara yang sangat efektif untuk menjaga keamanan dan memantau lingkungan sekitar. Saat ini, dengan perkembangan teknologi, telah ada aplikasi CCTV yang memungkinkan pengguna untuk memantau CCTV melalui smartphone mereka, bahkan dari jarak jauh. Hal ini menjadi solusi yang tepat dan efektif untuk memantau rekaman CCTV.

Aplikasi-aplikasi tersebut telah dilengkapi dengan fitur-fitur canggih, seperti notifikasi ketika ada gerakan yang mencurigakan. Berikut ini adalah beberapa aplikasi CCTV terbaik yang bisa dipantau melalui smartphone, bahkan ketika pengguna berada di luar tempat yang dipantau:

Aplikasi CCTV yang Bisa Dipantau Melalui Smartphone

IP Webcam

Salah satu aplikasi CCTV untuk smartphone yang pertama adalah IP Webcam. Aplikasi ini menawarkan antarmuka yang sederhana dan mudah digunakan oleh siapa saja. Aplikasi ini dapat diunduh melalui Playstore dan memiliki fitur pendeteksi gerakan, obrolan video, dan streaming video.

Untuk mengoperasikannya, pengguna perlu menghubungkan perangkat Android mereka dengan PC dan menggunakan VLC Media Player atau browser untuk memonitor rekaman CCTV. Dengan menggunakan software pihak ketiga ini, kamera CCTV yang terhubung dengan IP Webcam dapat merekam aktivitas sekitar dengan efektif.

Baca Juga :  6 Aplikasi Edit Foto Berbayar Terbaik untuk Android

Warden Cam

Aplikasi CCTV selanjutnya adalah Warden Cam, yang kompatibel dengan jaringan 3G, 4G, maupun Wi-Fi. Aplikasi ini mendukung pengaturan multi-kamera, sehingga pengguna dapat memasang banyak kamera dan memantau semuanya melalui satu smartphone.

Warden Cam menawarkan fitur audio dua arah, deteksi gerakan, dan night vision yang memungkinkan pengguna untuk memonitor aktivitas sekitar dengan lebih mudah. Dengan aplikasi ini, pengguna dapat memantau aktivitas dari kamera CCTV yang telah dipasang dengan praktis dan efisien.

TinyCam Monitor

TinyCam Monitor adalah aplikasi CCTV lainnya yang dapat diandalkan untuk mengontrol keadaan dari jarak jauh dengan kualitas video yang jernih. Penggunaannya pun tidak sulit, pengguna hanya perlu menghubungkan aplikasi ini dengan kamera CCTV melalui alamat IP.

Aplikasi ini mendukung beberapa merek kamera, termasuk Panasonic, Edimax, Pixord, Amcrest, Foscam, dan lainnya. Selain itu, TinyCam Monitor juga memungkinkan pengguna untuk mengontrol PTZ (Pan-Tilt-Zoom) pada kamera yang terpasang secara langsung.

Pengguna perlu menginstal aplikasi ini pada dua perangkat yang berbeda, yaitu perangkat kamera dan perangkat monitor. Versi pro dari aplikasi ini menawarkan dukungan perekaman video selama 24 jam, deteksi wajah, dan tentunya tanpa iklan yang mengganggu.

Live Camera Viewer

Aplikasi CCTV ini memungkinkan pengguna untuk melihat rekaman CCTV secara real-time. Pengguna dapat memilih negara dan kota yang dilengkapi dengan kamera pemantau yang dapat diakses secara online.

Baca Juga :  10 HP Stok Lama yang Paling Dicari

Aplikasi ini dilengkapi dengan ribuan kamera yang dapat diakses, dan juga menyediakan fitur pencarian untuk memudahkan pengguna menemukan kamera yang diinginkan. Live Camera Viewer menawarkan live feed tanpa delay, sehingga pengguna dapat melihat kejadian yang sedang terjadi secara real-time.

iVMS-4500

iVMS-4500 adalah aplikasi CCTV seluler yang dirancang untuk smartphone dengan sistem operasi Android 4.0 ke atas. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk memantau video melalui NVR (Network Video Recorder), IP kamera, DVR (Digital Video Recorder), dan kubah jaringan secara langsung.

Aplikasi CCTV ini dapat digunakan untuk memantau keadaan dari jarak jauh melalui jaringan nirkabel, seperti Wi-Fi atau 3G. Selain itu, aplikasi ini juga memungkinkan pengguna untuk mengakses file rekaman, mengelola gambar dan video lokal, mengontrol alarm, serta mengatur PTZ secara real-time.

Jika perangkat tidak memiliki IP publik yang tersedia, pengguna dapat membukanya menggunakan nama domain dinamis. Aplikasi ini sangat cocok digunakan untuk menjaga keamanan lingkungan dan memanfaatkan kemajuan teknologi untuk meningkatkan tingkat keamanan.

Demikianlah beberapa aplikasi CCTV yang bisa dipantau melalui smartphone untuk memonitor lingkungan sekitar. Dalam memilih aplikasi, tetap perhatikan hal-hal penting seperti fitur yang disediakan, kualitas video, serta keamanan data agar pengalaman dalam memantau keadaan terjamin.

Also Read