Tekno  

6 Aplikasi Peringkas Teks Online yang Wajib Dicoba

6 Aplikasi Peringkas Teks Online yang Wajib Dicoba
Ilustrasi

Aplikasi Peringkas Teks Online – Aplikasi peringkas teks adalah sebuah generator online yang membantu meringkas sebuah tulisan panjang menjadi lebih singkat dan mudah dibaca. Aplikasi ini sangat bermanfaat untuk meringkas atau merangkum berbagai materi.

Kegiatan meringkas materi, paling sering dilakukan oleh pelajar dan mahasiswa. Seringkali siswa harus meringkas beberapa bab menjadi tulisan pendek. Hal ini kerap membuat jenuh dan cukup merepotkan terutama bila waktu pengerjaan sangat pendek. Berikut beberapa rekomendasinya:

6 Aplikasi Peringkas Teks Online

1. Text Summary

Aplikasi peringkas teks online ini merupakan aplikasi paling populer. Jutaan pengguna telah mengunduh aplikasi ini sejak tahun 2020. Banyak orang yang telah berhasil meringkas materi dengan baik dan cepat menggunakan aplikasi ini.

Para pelajar dan mahasiswa tidak perlu bingung lagi saat harus meringkas berbagai mata pelajaran. Aplikasi berbasis Android ini dapat digunakan secara gratis, maupun berbayar dan didukung berbagai format file seperti DOCS, TXT, PDF dan sebagainya.

2. Ringkaz – Aplikasi Peringkas Teks

Bagi para pelajar SMA, kini tidak perlu khawatir saat mendapatkan tugas merangkum mata pelajaran. Ringkaz telah hadir untuk menjawab kesulitan saat harus meringkas pelajaran Matematika, Biologi, Kimia, Sejarah dan lainnya.

Cara penggunaan aplikasi Ringkaz pun sangat mudah dan tersedia di semua perangkat Android. Aplikasi ini bisa didapatkan secara gratis dan langsung digunakan. Pengguna hanya membutuhkan kuota internet untuk meringkas pelajaran memakai aplikasi ini.

3. Text Summarizer

Aplikasi peringkas teks online berikutnya yang mudah digunakan yaitu Text Summarizer. Dengan aplikasi ini pengguna dapat meringkas 3 hingga 4 bab sekaligus hanya dalam satu kali klik. Hebat bukan?

Seperti halnya aplikasi serupa lainnya, Text Summarizer bisa diundur secara gratis di dari Play Store. Pengguna cukup menyediakan kuota saat ingin menggunakan aplikasi ini. Namun jika ingin menikmati fitur lengkap, tersedia juga aplikasi berbayarnya.

4. Indonesian Text Summarizer

Jika sedang membutuhkan aplikasi untuk meringkas teks dalam bahasa Indonesia, maka Indonesia Text Summarizer adalah jawaban yang tepat. Disini, pengguna dapat memasukkan teks dalam dua jenis input yaitu teks atau URL.

Dengan memasukkan URL untuk diproses, maka secara otomatis aplikasi akan melakukan ringkasan terhadap materi yang terdapat dalam halaman website tersebut. Cukup mudah bukan?

5. Summarizer and Paraphraser

Pada aplikasi ini, pengguna dapat meringkas berbagai artikel, dokumen dan makalah secara cepat dan tepat pada intinya. Dengan adanya sistem algoritma yang dimiliki aplikasi ini, maka inti pada teks akan tetap terjaga.

Selain memiliki kemampuan meringkas, aplikasi ini juga dapat melakukan paraphrasing dengan baik. Dengan demikian, aplikasi ini sangat membantu baik pelajar maupun penulis yang membutuhkan ringkasan dari sebuah dokumen.

6. Summarator

Aplikasi ini dikembangkan dan ditawarkan oleh perusahaan Japanese Bread. Hadir dengan fitur utamanya sebagai peringkas dan penyalin ringkasan teks, aplikasi ini hanya tersedia untuk perangkat android dengan versi 4.1 keatas.

Terdapat aneka fitur yang sangat memuaskan dan membuat pekerjaan meringkas jadi lebih mudah. Pengguna dapat mengunduhnya secara gratis. Jika ingin menggunakan seluruh fiturnya, sebaiknya menggunakan aplikasi berbayar untuk hasil lebih memuaskan.

Pekerjaan meringkas materi terkadang memang sangat membosankan dan memakan waktu. Tak heran banyak pelajar dan mahasiswa tidak menyukai tugas yang satu ini, dan cukup kebingungan saat diminta meringkas materi pelajaran.

Namun kini pelajar, mahasiswa atau pekerja kantoran sekalipun tidak perlu kuatir. Kemajuan teknologi telah menghadirkan berbagai aplikasi peringkas teks yang bisa digunakan kapan saja baik gratis maupun berbayar.

Tinggalkan Balasan