Tecno Camon 20 Premier 5G: Smartphone dengan Kemampuan Luar Biasa

Redaksi

Tecno Camon 20 Premier 5G Smartphone dengan Kemampuan Luar Biasa

Tecno Camon 20 Premier 5G merupakan salah satu smartphone dari merek Tecno yang paling menarik yang pernah kami coba. Keistimewaan dari smartphone ini adalah kemampuan internal storage-nya yang mencapai 512GB. Ya, Anda tidak salah dengar, kapasitas penyimpanannya benar-benar 512GB!

Selain itu, Tecno Camon 20 Premier 5G juga dilengkapi dengan fitur-fitur sebagai berikut:

  • SoC yang kencang dengan Dimensity 8050.
  • Desain luar biasa mewah.
  • Kamera utama dengan resolusi 50MP.
  • Dilengkapi dengan Sensor-shift OIS.
  • Kamera Ultra Wide 108MP dengan fitur Auto Fokus.
  • Speaker Stereo.
  • Dan masih banyak lagi fitur menarik lainnya.

Persaingan di kelas harga smartphone ini sangat sengit tahun ini, dan pada kertas memang terlihat luar biasa. Namun, apakah smartphone ini benar-benar sebagus yang diklaim? Apakah kemampuan kameranya sudah sesuai dengan kebutuhan Anda? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Baru-baru ini, grup Transsion Holdings merilis serangkaian smartphone yang luar biasa, termasuk Infinix, itel, dan Tecno. Mereka tidak ingin ketinggalan dalam persaingan pasar. Kali ini, giliran Tecno beraksi dengan meluncurkan smartphone kelas menengah premium mereka, yaitu Tecno Camon 20 series.

Seri ini terdiri dari dua varian, yaitu Tecno Camon 20 Pro dan Tecno Camon 20 Premier 5G. Tecno Camon 20 Premier 5G merupakan varian tertinggi dengan perbedaan spesifikasi yang signifikan dibandingkan dengan versi Pro. Pada ulasan kali ini, kita akan fokus mereview Tecno Camon 20 Premier 5G.

Paket Penjualan Tecno Camon 20 Premier 5G

Dalam paket penjualan Tecno Camon 20 Premier 5G, Anda akan mendapatkan:

  • Unit Tecno Camon 20 Premier 5G yang sudah dilengkapi dengan screen protector.
  • Charger 45W.
  • Kabel USB-C.
  • Dokumen-dokumen pendukung.
  • SIM Tray Ejector.
  • Headset.
  • Case yang sangat spesial. Jika Anda sering membeli case, Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan model case tritone seperti ini. Jarang sekali produsen yang memberikan case sebaik ini dalam kotak penjualan.

Desain

Secara keseluruhan, desain Tecno Camon 20 Premier 5G terasa sangat mewah dan elegan. Back cover-nya menggunakan desain geometri dan material Vegan Leather yang membuatnya nyaman saat digenggam. Bagian modul kamera memiliki desain yang lebih glossy, Tecno juga menyebutkan bahwa bagian ini terbuat dari Ceramic. Sedangkan bagian frame-nya terlihat seperti logam, tetapi sebenarnya terbuat dari Polikarbonat.

  • Tersedia dalam dua pilihan warna, yaitu Dark Welkin dan Serenity Blue.
  • Dimensi smartphone ini adalah 161.9 x 74.3 x 7.8 mm.
Baca Juga :  3 Cara Memutar YouTube di Latar Belakang pada Smartphone Yang Wajib Dicoba

Sisi-sisi smartphone:

Sisi Kanan: Terdapat Tombol Power dan Tombol Volume.

Sisi Atas: Terdapat Mic dan Speaker.

Sisi Kiri: Tidak ada tombol atau fitur lainnya.

Sisi Bawah: Terdapat SIM Tray Dual SIM tanpa slot MicroSD, Port USB-C, dan Speaker. Speaker ini merupakan speaker stereo dengan fitur DTS dan telah tersertifikasi Hi-Res Audio. Menurut pendapat kami, kualitas suaranya cukup baik, meskipun belum mencapai tingkat luar biasa. Namun, mengingat kelas harganya, kami tidak terlalu banyak mengeluh tentang hal ini.

Sisi Depan:

Layar smartphone ini memiliki spesifikasi sebagai berikut:

  • Layar berukuran 6.67 inci.
  • Panel AMOLED.
  • Resolusi FHD+.
  • Refresh Rate hingga 120 Hz dengan opsi pengaturan 60 Hz, 90 Hz, 120 Hz, dan Auto-switch. Secara default, smartphone ini menggunakan pengaturan Auto-switch di mana sistem akan menyesuaikan refresh rate sesuai dengan aplikasi yang digunakan.

Saat kami menguji smartphone ini, kecerahan maksimum layarnya mencapai sekitar 500 nit. Layar ini juga masih terlihat dengan jelas saat digunakan di luar ruangan.

Untuk pengaturan warna layar, terdapat dua mode yang tersedia:

  • Mode Bright-colored.
  • Mode Original Color.

Secara default, pengaturan layar menggunakan mode Original Color, yang hasil pengujian kami menunjukkan bahwa color gamut-nya mencapai sekitar 150% sRGB. Sedangkan pada mode Bright-colored, color gamut-nya mencapai sekitar 170% sRGB. Kedua mode ini memberikan tampilan warna yang terlalu mencolok dan kurang cocok untuk keperluan pengeditan. Saran kami adalah menggunakan mode Original Color agar tampilan warnanya tidak terlalu berlebihan seperti pada mode Bright-colored. Terkadang, tampilan warna yang terlalu mencolok tidak selalu berarti lebih baik.

Baca Juga :  Resmi Meluncur Di Indonesia, Ini Harga Dan Spesifikasi IQOO Z7 5G

Refresh Rate layarnya dapat diatur hingga 120 Hz, secara default menggunakan pengaturan Default yang akan menyesuaikan refresh rate secara otomatis sesuai dengan aplikasi yang digunakan. Anda juga dapat memilih pengaturan khusus dengan pilihan 60 atau 120 Hz.

Jika diatur pada 120 Hz, lebih banyak aplikasi yang akan berjalan pada refresh rate 120 Hz. Namun, belum semua aplikasi mendukung pengaturan ini. Sebagai contoh, saat melakukan scrolling di YouTube, aplikasi ini tetap berjalan pada refresh rate 60 Hz, tidak peduli pengaturan refresh rate-nya apa.

Touch sampling rate layarnya sudah cukup responsif untuk berbagai kegiatan, terutama saat bermain game.

Karena menggunakan teknologi layar AMOLED, Tecno Camon 20 Premier 5G juga dilengkapi dengan fitur Always on Display (AoD). Namun, sayangnya belum ada pengaturan waktu untuk AoD ini, dan AoD hanya aktif selama 10 detik. Anda harus menyentuh layar atau mengangkat smartphone untuk mengaktifkan AoD lagi.

Di atas layar, terdapat kamera selfie yang ditempatkan dalam punch hole.

Kamera ini memiliki resolusi 32MP dengan aperture f/2.4.

Sensor kamera ini menggunakan produk Samsung dengan ukuran 1/2.8″.

Kamera ini juga dapat merekam video hingga resolusi 2k 30 dan 1080p 60.

Pada bezel atas layar, terdapat LED Flash yang membantu kamera selfie saat kondisi pencahayaan rendah. Fitur ini umumnya ditemukan pada smartphone buatan Transsion Holdings, tetapi jarang dimiliki oleh merek smartphone lain.

Mengenai bezel layar, smartphone ini memiliki desain yang simetris di sisi kanan dan kiri serta di bagian atas dan bawah, sehingga terlihat lebih mewah.

Sisi Belakang:

Modul kamera utama dilengkapi dengan tiga kamera dan satu LED Flash, yaitu:

Kamera Utama dengan resolusi 50MP, aperture f/1.77, setara dengan lensa 23mm.

Baca Juga :  Brica B Steady, Smartphone Gimbal Andalan yang Masih Kekinian

Sensor kamera ini menggunakan produk Samsung dengan ukuran 1/1.56″.

Yang unik dari kamera utama ini adalah penggunaan sensor RGBW Pro oleh Tecno. W dalam RGBW Pro mengacu pada White atau putih, Tecno mengklaim bahwa ini dapat membantu sensor untuk menangkap cahaya dengan lebih baik.

Dilengkapi dengan Sensor-shift OIS, sebuah teknologi langka di kelasnya. Biasanya, teknologi OIS (Optical Image Stabilization) bergerak ada di bagian lensa kamera. Namun, dengan Sensor-shift OIS, teknologi stabilisasi bergerak ada di dalam sensor kamera. Namun, belum tentu teknologi Sensor-shift ini memberikan hasil yang lebih baik daripada OIS. Yang terpenting, kita perlu melihat hasil fotonya untuk mengetahui seberapa baik kualitasnya.

Kamera utama ini juga dapat merekam video hingga resolusi 4k 30 dan 1080p 60FPS.

Selain kamera utama, Tecno Camon 20 Premier 5G juga dilengkapi dengan kamera Ultra Wide dengan resolusi 108MP, FoV (Field of View) 114.5°, aperture f/2.2, dan fitur Auto Fokus. Kamera Ultra Wide ini juga dapat berfungsi sebagai kamera Macro.

Sensor kamera Ultra Wide ini juga menggunakan produk Samsung.

Untuk perekaman video, kamera Ultra Wide ini dapat mencapai resolusi 4k 30 dan 1080p 60. Jarang sekali ditemukan kamera Ultra Wide dengan spesifikasi sebaik ini pada smartphone kelas menengah.

Fitur Slow Motion pada smartphone ini secara default menggunakan kamera Ultra Wide dengan pilihan resolusi 1080p 120FPS / 720p 240FPS untuk slow motion sejati, atau 720p 960FPS untuk versi interpolasi.

Fitur Slow Motion pada kamera Ultra Wide merupakan hal yang jarang ditemukan pada smartphone dengan harga sekelas ini, tetapi sayangnya kita tidak diberi opsi untuk menggunakan kamera utama.

Terdapat juga kamera Depth Sensor 2MP yang membantu menghasilkan efek bokeh pada foto.

Smartphone ini juga dilengkapi dengan fitur laser focus untuk meningkatkan responsivitas Auto Focus-nya.

Tertarik dengan smartphone Tecno Camon 20 Premier 5G? anda bisa dapatkan di shopee mulai hargaRp. 5 Jutaan.

Also Read