11 Cara Mengamankan Aplikasi WhatsApp untuk Mencegah Penyadapan

Redaksi

11 Cara Mengamankan Aplikasi WhatsApp untuk Mencegah Penyadapan

Cara Mengamankan Aplikasi WhatsApp – Aplikasi WhatsApp telah menjadi salah satu platform perpesanan pribadi yang paling populer di Indonesia. Kepraktisan, kecilnya ukuran file, dan kenyamanan penggunaannya menjadikannya pilihan favorit bagi banyak orang. Terlebih lagi, sekarang WhatsApp juga menyediakan fitur pengiriman gif dan stiker lucu yang membuat pesan Anda lebih menyenangkan.

Namun, dalam beberapa waktu terakhir, banyak pengguna yang mengeluhkan akun mereka diretas oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Untuk mencegah hal ini terjadi pada akun WhatsApp Anda, penting untuk mengambil langkah-langkah dalam mengamankan aplikasi WhatsApp agar tidak disadap.

Langkah-langkah Mengamankan Aplikasi WhatsApp agar Tidak Disadap

Kasus penyadapan melalui aplikasi WhatsApp masih sering terjadi, terutama yang menargetkan tokoh terkenal. Namun, Anda tidak perlu khawatir, karena ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengamankan aplikasi WhatsApp Anda dari upaya penyadapan yang dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ikuti untuk mengamankan aplikasi WhatsApp Anda.

Amankan Kode OTP

Langkah pertama dalam mengamankan aplikasi WhatsApp agar tidak disadap adalah dengan melindungi kode OTP (One-Time Password). Kode OTP ini biasanya diminta saat Anda melakukan aktivasi akun WhatsApp pada perangkat baru dan dikirimkan melalui email atau nomor telepon yang terdaftar.

Seperti namanya, kode OTP hanya dapat digunakan sekali dan memiliki batasan waktu. Jika tiba-tiba Anda menerima kode OTP dari WhatsApp dan ada yang memintanya dengan alasan yang mencurigakan, jangan berikan kode tersebut.

Pihak yang tidak bertanggung jawab mungkin akan memberikan alasan seperti kesalahan pengetikan nomor atau alasan lainnya. Setelah Anda memberikan kode tersebut, mereka dapat segera mengambil alih akses akun WhatsApp Anda.

Baca Juga :  5 Aplikasi Mempercantik Video Call WhatsApp yang Wajib Dicoba

Aktifkan Verifikasi Dua Langkah

Langkah selanjutnya dalam mengamankan aplikasi WhatsApp adalah dengan mengaktifkan fitur verifikasi dua langkah atau two-step verification. Verifikasi dua langkah bertujuan untuk mencegah orang lain mengakses WhatsApp Anda tanpa persetujuan Anda.

Fitur ini merupakan salah satu fitur keamanan terbaik yang disediakan oleh WhatsApp dan sebaiknya Anda mengaktifkannya agar pesan-pesan Anda tidak disadap oleh orang lain.

Periksa Enkripsi untuk Privasi Percakapan

Jika Anda memiliki percakapan pribadi yang berisi informasi sensitif seperti nomor rekening atau kartu kredit, sangat disarankan untuk memeriksa apakah percakapan tersebut sudah dienkripsi. Hal ini dapat dilakukan sebagai langkah tambahan dalam mengamankan aplikasi WhatsApp. Cara memeriksa enkripsi percakapan sangatlah mudah.

Cukup buka percakapan dengan kontak yang bersangkutan, lalu di jendela percakapan, klik nama kontak dan kemudian klik opsi “Enkripsi”. Menurut beberapa sumber, pola 40 digit yang muncul merupakan kode keamanan Anda.

Anda dapat memindai kode atau meminta teman Anda untuk memindai kode tersebut. Hal ini dilakukan untuk memverifikasi bahwa pesan dan panggilan dengan teman Anda sudah dienkripsi end-to-end.

Aktifkan Keamanan Sidik Jari

Salah satu langkah penting dalam mengamankan aplikasi WhatsApp adalah dengan mengaktifkan fitur keamanan seperti sidik jari atau pengenalan wajah. Anda dapat mengatur sidik jari atau pengenalan wajah tidak hanya untuk ponsel Anda, tetapi juga untuk mengunci akses ke WhatsApp.

Menambahkan fitur ini cukup mudah. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi WhatsApp dan ketuk ikon menu yang terletak di pojok kanan atas.
  • Pilih “Pengaturan” dan lalu pilih “Akun”.
  • Ketuk opsi “Privasi” dan gulir ke bawah untuk mengaktifkan kunci sidik jari.
  • Setelah diaktifkan, Anda akan diminta untuk menempatkan sidik jari Anda di layar ponsel untuk mengonfirmasi identitas sidik jari Anda.
Baca Juga :  Beberapa Cara Mengubah Tulisan di Whatsapp

Aktifkan Notifikasi Keamanan

Anda juga dapat mengamankan aplikasi WhatsApp dengan mengaktifkan notifikasi keamanan. Setelah Anda mengaktifkan notifikasi keamanan, Anda akan menerima pemberitahuan jika akun Anda dibuka di perangkat lain, seperti laptop atau komputer.

Selain itu, Anda juga akan menerima pemberitahuan jika kode keamanan diubah. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengaktifkan notifikasi keamanan di WhatsApp:

  • Buka pengaturan WhatsApp dan pilih “Akun”.
  • Pilih “Keamanan”.
  • Aktifkan opsi “Tampilkan Pemberitahuan Keamanan”.

Keluar dari WhatsApp Web

WhatsApp Web sangat berguna untuk memudahkan komunikasi saat Anda bekerja di komputer. Namun, penggunaan WhatsApp Web juga meningkatkan risiko penyadapan terhadap akun Anda.

Untuk memastikan keamanan, pastikan Anda selalu keluar dari WhatsApp Web sebelum meninggalkan komputer Anda. Untuk melakukan ini, ketuk ikon tiga titik di pojok kanan atas aplikasi WhatsApp, lalu pilih “WhatsApp Web” dan pilih “Log out dari semua perangkat”.

Instal Ulang WhatsApp

Jika Anda secara tidak sengaja mengeklik “OK” saat diminta untuk mentransfer akun Anda, Anda dapat mengamankan aplikasi WhatsApp dengan menginstal ulang WhatsApp. Namun, pastikan Anda masih menggunakan nomor telepon yang sama yang terdaftar pada akun WhatsApp Anda. Sebab, kode OTP akan dikirimkan ke nomor telepon yang terdaftar tersebut.

Menonaktifkan Akun

Jika akun WhatsApp Anda sudah diretas, langkah terakhir yang dapat Anda lakukan adalah menonaktifkan akun tersebut. Dengan menonaktifkan akun, tidak ada orang lain yang dapat menggunakannya lagi.

Anda dapat menonaktifkan akun dengan mengirimkan email ke [email protected] dan memberikan alasan bahwa akun Anda hilang atau dicuri.

Periksa Tautan yang Mencurigakan

Langkah lain dalam mengamankan aplikasi WhatsApp adalah dengan memeriksa tautan yang dikirimkan ke akun Anda. Tautan berbahaya merupakan ancaman tidak hanya bagi akun WhatsApp Anda, tetapi juga platform komunikasi lainnya.

Baca Juga :  Begini Cara Backup WhatsApp di Android dan IOS

Beberapa tautan tersebut mungkin dikirimkan oleh kontak Anda yang telah menjadi korban penyadapan. Terkadang, tautan semacam ini sulit dibedakan dari pesan biasa. Untuk menghindari hal ini, Anda dapat memeriksa tautan yang diterima melalui situs pengecekan yang tersedia di mesin pencarian.

Anda dapat menyalin dan menempelkan tautan ke situs pengecekan tersebut tanpa mengklik tautan tersebut.

Sembunyikan Media WhatsApp di Galeri Ponsel

Melalui WhatsApp, Anda seringkali mengirim dan menerima foto dan video yang berhubungan dengan pekerjaan dan hal-hal pribadi. Oleh karena itu, sangat penting untuk mencegah orang lain mengintip konten media WhatsApp Anda.

Anda dapat menyembunyikan gambar, video, dan GIF dari WhatsApp di galeri ponsel Anda. Untuk melakukan ini, buka pengaturan WhatsApp, pilih “Obrolan”, lalu pilih “Visibilitas Media” dan matikan opsi tersebut. Setelah itu, Anda hanya dapat mengakses file media WhatsApp langsung melalui aplikasi WhatsApp.

Perbarui Aplikasi

Penyadapan akun WhatsApp dapat terjadi melalui file gif yang mengandung kode berbahaya. Oleh karena itu, sangat penting untuk memperbarui aplikasi WhatsApp secara teratur. Dalam pembaruan tersebut, WhatsApp meningkatkan keamanan dan memberikan perlindungan tambahan bagi pengguna.

Banyak pengguna WhatsApp yang mengabaikan pembaruan aplikasi dan menunggu sampai aplikasi berhenti berfungsi sebelum melakukan pembaruan. Penting bagi Anda untuk mengubah kebiasaan tersebut dan selalu memastikan bahwa Anda menginstal pembaruan aplikasi WhatsApp sebagai salah satu langkah untuk mengamankan aplikasi Anda.

Demikianlah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengamankan aplikasi WhatsApp Anda. Langkah-langkah ini cukup mudah dan dapat membantu melindungi privasi dan keamanan Anda saat menggunakan WhatsApp.

Also Read