AHY Sangat Pantas Jadi Cawapres Anies Baswedan

Redaksi

AHY Sangat Pantas Jadi Cawapres Anies Baswedan

Corong Nusantara – Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh mengatakan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sangat pantas menjadi calon wakil presiden (cawapres) mendampingi Anies Baswedan pada Pilpres 2024.

“Kalau ditanya pantas? Sekali lagi saya katakan, (AHY) lebih dari pantas (untuk jadi cawapres Anies),” kata Paloh selepas bertemu AHY di kantor DPP Partai Demokrat, Menteng, Jakarta, Rabu (22/2/2023).

Dia memberikan kode-kode jika AHY cocok menjadi cawapres mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

“Lihat saja orang yang berdiri di sebelah saya ini, potongan ganteng semuanya, pikiran kan,” ujar Paloh lalu menoleh ke AHY.

Paloh juga menyebut jika sekalipun AHY tak menjadi cawapres Anies juga tak menjadi masalah.

“Ketika apa yang saya pahami bagi seorang AHY, cawapres boleh, enggak cawapres juga boleh. Jangankan Mas AHY, saya juga cocok,” ucapnya.

Kendati demikian, Paloh menuturkan bahwa keputusan cawapres berada di tangan Anies sesuai mandat yang diberikan Partai NasDem.

“Dari awal saya katakan, mengenai masalah pasangan cawapres, dari sejak awal deklarasi serahkan kepada capres,” ungkapnya.

Lebih lanjut, dia meminta semua pihak agar bersabar hingga pada waktunya akan diumumkan cawapresnya.

“Jadi itulah biasanya, jadi kita lihat saja progres yang berlangsung nanti sampai pada momen waktunya (cawapres diumumkan),” imbuhnya.

Baca Juga :  Survei Indo Barometer: Erick Thohir Menteri Dengan Kinerja Terbaik Dan Cawapres Terkuat

Petinggi Nasdem yang Hadir

Surya Paloh datang bersama sejumlah elite Partai NasDem.

Mereka adalah Wakil Ketua Umum Nasdem Ahmad Ali, Ketua DPP Nasdem yang juga Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat, Ketua Mahkamah Partai Nasdem Saur Hutabarat, Anggota Majelis Tinggi Karli Boenjamin, Ketua Teritorial Pemenangan Pemilu Sugeng Suparwoto.

Kemudian, Anggota Dewan Pertimbangan Nasdem HM Prasetyo, Anggota Dewan Pakar Peter F. Gontha, Ketua Teritorial Pemenangan Pemilu Fauzi Amro, Ketua Bidang Kesehatan Felly Estelita, Ketua DPP Bidang Ekonomi Millie Lukito, Ketua DPP Bidang Lingkungan hidup Lucy Liu, dan Wasekjen NasDem Hermawi Taslim.

Hadir dari Demokrat

Sementara dari Partai Demokrat tampak hadir di lokasi yakni Sekretaris Majelis Tinggi Partai Andi Mallarangeng, Ketua Bappilu Bappilu Andi Arief, Sekjen Teuku Riefky, Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas, serta beberapa pengurus lainnya.

Pertemuan Om dan Ponakan

Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya mengatakan pertemuan antara Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) hanya sebatas silaturahmi biasa.

Willy menyebut kedatangan Surya Paloh ke kantor DPP Partai Demokrat hanyalah suatu bentuk kunjungan balasan dari AHY yang beberapa kali hadir ke NasDem Tower.

Baca Juga :  PKS Minta Cawapres Pendamping Anies Baswedan Punya Elektoral Paling Kuat

“Ya ini silaturahim aja untuk memperkuat hubungan satu dengan lainnya. Karena mas AHY sudah berulang kali datang ke NasDem Tower dan ini kunjungan balasan pak surya untuk memperbincangkan banyak hal,” kata Willy kepada awak media, Rabu (22/2/2023).

Dirinya mengibaratkan pertemuan kedua ketua umum ini layaknya keponakan yang pengin menjamu pamannya makan siang.

“Pertemuan om dan keponakan dan keponakan pengen jamu om makan siang di Kantor DPP Demokrat,” ucap dia.

Willy menyebut akan ada banyak pembahasan yang dibicarakan dalam pertemuan ini.

Hanya saja, dirinya tidak dapat membeberkan secara pasti isi pembahasan nantinya.

“Ya lebih banyak bahas situasi yang terkini,” tukas dia.

Inisiasi Bersama

Kepala Badan Komunikasi Strategis (Bakomstra) sekaligus Juru Bicara Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra mengungkapkan bahwa pertemuan NasDem ke kantor DPP Demokrat merupakan inisiasi bersama.

“Tentunya ini inisiasi bersama keinginan bersama. Seperti halnya ketika kami waktu itu mengunjungi Nasdem. Mas AHY dan Pak Surya Paloh sepakat kalau boleh begitu kita datang,” kata Herzaky di kantor DPP Partai Demokrat, Rabu (22/2/2023).

Herzaky melanjutkan seperti sebelumnya misalnya Pak SBY mendatangi Pak Surya Paloh juga kunjungan balasan ketika SBY di Amerika.

Lalu Pak Surya Paloh mendatangi menjenguk ketika Pak SBY sedang sakit sehingga beliau melakukan kunjungan balasan.

Baca Juga :  Punya Latar Belakang NU, Mardiono Yakin Ada Kesamaan Sisi Ganjar Pranowo Dengan PPP

“Lalu kemudian Mas AHY beserta rombongan DPP kita sudah merangkai koalisi perubahan. Mas AHY juga kami data ke sana (Kantor NasDem) bersilahturahmi dengan Pak Surya Paloh dan teman-teman NasDem,” sambungnya.

Kemudian Herzaky mengungkapkan bahwa koalisi NasDem, Demokrat dan PKS merupakan koalisi yang setara.

“Dan apa yang kita lakukan merupakan konsesus bersama. Kita bertiga melakukan setiap langkah apapun melakukan kalkulasi secara detail terarah dan terperinci,” lanjutnya.

Lalu terkait kesepakatan secara De Jure dikatakan Herzaky itu hanyalah masalah waktu saja.

“Kalau kesepakatan bersama berdasarkan De Jure itu masalah tempo saja. Karena kita tahu bersama-sama perjuangan melakukan perubahan ini tidak akan mudah politik ini kan terjadi bukan di ruang hampa,” sambungnya.

Herzaky melanjutkan tetapi terjadi ada reaksi.

Pertemuan seperti ini bagaimana menjalani komunikasi, bersilaturahim untuk bisa mengantisipasi berbagai hal.

Also Read