Hadir Di IIMS, Mobil Listrik Esemka Bima EV Dibanderol Mulai Rp 530 Juta

Redaksi

Corong Nusantara – PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) kenalkan mobil listrik komersial Bima EV di pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 di JlExpo, Kemayoran, Jakarta, Kamis (16/2/2023).

Bima EV ditawarkan ke konsumen dalam Cargo Van dan Passenger Van. Versi Cargo dijual Rp 530 juta dan Passenger Van dibanderol Rp 540 juta.

Presiden Direktur PT Solo Manufaktur Kreasi Eddy Wirajaya, mengatakan pengenalan mobil listrik di IIMS diharapkan dapat berkontribusi mempercepat proses peralihan dari mobil konvensional (mesin pembakaran internal/Internal Combustion Engine), menuju Electric Vehicle yang lebih ramah lingkungan.

“Prototipe mobil listrik Esemka yang dipamerkan di IIMS merupakan hasil kolaborasi dengan pabrikan otomotif lain di luar negeri,” tutur Eddy saat pembukaan booth di IIMS 2023, Kamis (16/2/2023).

Kedua varian Esemka Bima EV memiliki dimensi panjang 4.495 mm, lebar 1.680 mm dan tinggi 1.990 mm, dengan jarak sumbu roda 2.925 mm.

Bima EV Passenger Van mampu menampung 11 penumpang dan Bima EV Carva memiliki dua kursi untuk pengemudi dan penumpang depan.

Kedua mobil ini dilengkapi motor listrik Permanent Magnet Synchronous Motor dengan kode TM4018.

Motor listriknya mampu menghasilkan daya maksimal 75 kW dan torsi maksimal 165 Nm.

Tenaga ini disalurkan melalui motor listrik dengan penggerak roda belakang melalui transmisi 1st reduce gear.

Bima EV dilengkapi baterai listrik Terany Lithium berkapasitas 49,1 kWh dengan 350,4 V.

Baterainya dapat diisi daya dengan sistem pengisian cepat (quick charge/DC) selama 1 jam dan slow charge (AC) hingga 8 jam.

Baterai dapat digunakan untuk berkendara hingga 300 km dalam sekali pengisian daya.

Mobil listrik Esemka untuk passanger van memiliki kapasitas 11 tempat duduk dan dilengkapi AC double blower. Sedangkan untuk Blind Van Cargo memiliki AC single Blower.

“Kami percaya mobil listrik akan menjadi masa depan bagi industri otomotif di Indonesia melalui adanya target terkait penurunan emisi, serta beberapa kebijakan pemerintah untuk mengakselerasi penggunaan kendaraan listrik, baik yang saat ini sudah ada dan di masa mendatang,” imbuh Eddy.

Esemka juga menampilkan produk varian baru Esemka Bima 1.3 yang sudah dilengkapi dengan Electric power steering dan AC.

Untuk Esemka Bima 1.3 Pick Up dijual seharga Rp 137 juta dan Bima 1.3 Pick Up AC EPS ditawarkan Rp 150 juta.

Also Read