3 Cara Mudah Migrasi Chat dari WhatsApp ke Telegram

Redaksi

Cara Mudah Migrasi Chat dari WhatsApp ke Telegram

Cara Mudah Migrasi Chat dari WhatsApp ke Telegram – Migrasi chat dari WhatsApp ke Telegram telah menjadi perhatian banyak pengguna akhir-akhir ini.

Mereka khawatir dengan kebijakan privasi WhatsApp yang kontroversial, sehingga banyak yang memutuskan beralih ke Telegram karena dianggap lebih aman.

Menyikapi hal ini, Telegram telah menghadirkan fitur baru yang memungkinkan pengguna untuk Migrasi chat dari WhatsApp ke Telegram.

Selain itu, Anda juga dapat mentransfer media seperti foto, video, dan rekaman suara yang tersimpan di WhatsApp. Baru-baru ini, Telegram mengumumkan bahwa fitur ini telah tersedia untuk pengguna Android dan iOS.

Berikut adalah Cara Mudah Migrasi Chat dari WhatsApp ke Telegram:

Buka Chat yang Ingin Dipindahkan

Cara Mudah Migrasi Chat dari WhatsApp ke Telegram, pertama-tama buka halaman obrolan yang ingin Anda pindahkan. Hal ini dapat berupa obrolan individual atau obrolan grup.

Setelah membuka halaman obrolan, ketuk opsi tiga titik di pojok kanan atas. Pada menu “lainnya”, pilih “ekspor obrolan”. Anda akan diminta untuk memilih apakah ingin menyertakan media dalam ekspor atau tidak.

Ekspor Obrolan ke Telegram

Setelah Anda mengikuti langkah pertama untuk memindahkan chat dari WhatsApp ke Telegram, WhatsApp akan menampilkan opsi tempat Anda ingin menyimpan file ekspor. Dari berbagai pilihan yang tersedia, pilih aplikasi Telegram.

Selanjutnya, Telegram akan menanyakan lokasi penyimpanan untuk chat yang ingin dipindahkan. Anda dapat memilih tempat pesan, grup, atau kontak di mana chat akan disimpan.

Baca Juga :  Cara Membuka WhatsApp yang Kadaluarsa: Solusi Praktis dan Mudah

Chat Telah Berpindah ke Telegram

Setelah Anda menyelesaikan dua langkah di atas, semua pesan yang telah Anda transfer dari WhatsApp akan terlihat di Telegram.

Kelebihan Telegram Dibandingkan WhatsApp

Selain fitur memindahkan chat dari WhatsApp ke Telegram, Telegram juga memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan WhatsApp. Berikut adalah beberapa keunggulan Telegram yang patut dipertimbangkan:

Kapasitas Grup yang Lebih Besar

Seringkali, pengguna merasa kesulitan saat ingin bergabung dengan grup WhatsApp karena kapasitasnya sudah penuh. Grup WhatsApp hanya bisa menampung 512 pengguna setelah sebelumnya dibatasi hanya 256 orang.

Masalah ini juga sering dialami oleh penyelenggara acara. Oleh karena itu, selain memindahkan chat dari WhatsApp ke Telegram, Anda dapat mempertimbangkan Telegram sebagai platform untuk koordinasi acara. Di Telegram, setiap grup memiliki kapasitas hingga 5000 orang, sehingga memudahkan para penggunanya.

Mengirim File dengan Ukuran Tidak Terbatas

WhatsApp memiliki batasan ukuran file yang dapat dikirim, terutama untuk video. Batas pengiriman file di WhatsApp hanya 16 MB.

Namun, di Telegram, Anda dapat mengirim file berukuran besar tanpa perlu mengompresnya terlebih dahulu. Telegram juga mendukung semua format file.

Mengirim Media dengan Kualitas Asli

Banyak pengguna WhatsApp mengeluhkan kualitas buram atau rendah dari media yang mereka kirim melalui aplikasi tersebut. Namun, di Telegram, Anda dapat memilih kualitas media yang ingin Anda kirim.

Baca Juga :  10 Fakta GB WhatsApp: Anti Tarik Pesan, Bisa Kunci Obrolan Dan Pakai 2 Akun

Jika Anda memilih kualitas asli atau resolusi asli, media yang dikirim akan tetap tajam dan tidak mengalami penurunan kualitas.

Fitur Edit Pesan

Ketika Anda mengirim pesan secara online, terkadang Anda bisa membuat kesalahan atau salah ketik. Di WhatsApp, Anda harus menghapus pesan yang salah kirim agar penerima tidak melihatnya.

Namun, di Telegram, Anda tidak perlu menghapus pesan tersebut. Anda dapat memodifikasi pesan yang telah terkirim dengan mengeklik ikon pensil dan mengedit pesan sesuai keinginan Anda.

Mengambil Stiker dengan Mudah

Stiker digunakan untuk mengekspresikan perasaan yang mungkin tidak bisa diungkapkan dengan emotikon biasa. Di WhatsApp, Anda hanya dapat mengambil stiker yang dikirimkan oleh orang lain, tidak lebih.

Namun, di Telegram, Anda tidak hanya dapat memindahkan chat dari WhatsApp ke Telegram, tetapi jika seseorang mengirimkan stiker kepada Anda, Anda dapat mengakses seluruh koleksi stiker mereka.

Banyak Bot yang Berguna

Jika Anda mencari kemudahan dalam bekerja, Telegram memiliki banyak bot yang dapat membantu Anda secara otomatis. Sementara itu, WhatsApp belum memiliki bot yang bermanfaat kecuali bot stiker yang dioperasikan secara manual oleh manusia.

Channel yang Berguna

Untuk bergabung dengan grup WhatsApp, Anda harus diundang atau meminta tautan grup terlebih dahulu. Tanpa kedua persyaratan ini, Anda tidak dapat bergabung dengan grup apa pun.

Baca Juga :  8 Cara Mengganti Foto Profil WhatsApp: Ubah Tampilan Dirimu dengan Mudah!

Namun, di Telegram, selain dapat memindahkan chat dari WhatsApp ke Telegram, Anda dapat bergabung dengan saluran apa pun. Lebih baik lagi, pesan yang diposting di saluran ini biasanya tidak hilang kecuali admin menghapusnya. Fitur saluran ini memungkinkan Anda untuk menyimpan pesan secara permanen dan dapat diakses oleh siapa saja.

Menambahkan Teman tanpa Menyimpan Nomor Telepon

WhatsApp membutuhkan Anda untuk menyimpan nomor telepon seseorang agar dapat menambahkannya sebagai teman. Namun, Telegram memudahkan Anda menambahkan teman tanpa harus menyimpan nomor telepon mereka.

Cukup dengan menggunakan nama pengguna, Anda dapat berteman dengan orang lain atau bergabung dengan saluran dan grup dengan mudah.

Menghapus Grup Tanpa Jejak

WhatsApp memungkinkan Anda untuk menghapus grup yang telah dibuat untuk semua anggota. Namun, pesan yang ada dalam grup tersebut masih dapat dilihat oleh anggota lain.

Dengan Telegram, Anda dapat menghapus grup sehingga tidak ada jejak percakapan yang tersisa. Grup tersebut akan dihapus sepenuhnya dari ponsel anggota grup lainnya serta ponsel Anda sendiri.

Itulah Cara Mudah Migrasi Chat dari WhatsApp ke Telegram serta beberapa keunggulan Telegram dibandingkan dengan WhatsApp. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang ingin beralih dari WhatsApp ke Telegram.

Also Read