Pengamat Yakin AHY Jadi Cawapres Anies Baswedan

Redaksi

Pengamat Yakin AHY Jadi Cawapres Anies Baswedan

Corong Nusantara – Pengamat politik sekaligus Direktur Lingkar Madani (Lima) Ray Rangkuti menyakini bahwa Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang bakal jadi cawapres untuk Anies Baswedan.

Hal itu menurut Ray Rangkuti dikarenakan tanpa Demokrat Koalisi Perubahan akan bubar.

“AHY itu akan menjadi cawapres Anies Baswedan. Sebab, tanpa AHY (Partai Demokrat) maka koalisi perubahan akan bubar. Tentu saja, NasDem dan PKS tidak ingin hal ini terjadi. Maka pilihan satu-satunya adalah memilih AHY sebagai cawakil Presiden Anies,” kata Ray, Senin (27/2/2023).

Adapun jika NasDem, PKS dan Demokrat berkunjung ke partai politik lainnya merupakan cara untuk perkuat daya tawar masing-masing di internal koalisi.

“Bahwa, entah itu Surya Paloh, PKS, AHY masih meliuk ke sana meliuk ke sini, tak lain untuk memperkuat daya tawar masing-masing di internal koalisi. Kemudian terus memupuk pemberitaan agar popularitas tetap terjaga. Terakhir sambil jaga-jaga bila akhirnya segala sesuatu tidak sesuai dengan skenario masing-masing,” jelasnya.

Ray Rangkuti menilai maka, pertemuan-pertemuan Nasdem, Demokrat dan PKS itu sebenarnya sudah nirsubtansi. Paling jauh hanya membicarakan elemen teknis.

“Misalnya, siapa yang mendanai aktivitas, jadwal masing-masing untuk sosialisasi, dsb. Yang subtansi sudah selesai Anies-AHY,” tutupnya.

Sebagai informasi, Koalisi Perubahan adalah gabungan dari tiga partai politik yaitu NasDem, PKS dan Demokrat.

Baca Juga :  Gelombang Dukungan Untuk Ganjar Pranowo Berdatangan

Adapun NasDem mendeklarasikan mendukung Anies Baswedan menjadi calon presiden 2024 pada 3 September 2022.

Nama Anies Baswedan sebelumnya masuk dalam bursa bakal Capres 2024 Partai NasDem bersama Andika Perkasa dan Ganjar Pranowo.

Deklarasi yang dilakukan Partai NasDem ini menjadi cikal munculnya nama koalisi perubahan.

Kemudian, PKS pun menyusul dengan menggelar Musyawarah Majelis Syuro PKS VIII pada 23 Februari 2023 lalu.

Hasilnya, Partai besutan Ahmad Syaikhu itu pun seluruh Majelis Syuro sepakat untuk mengusung Anies menjadi calon presiden.

Hingga kini, memang Partai Demokrat yang masih belum mendeklarasikan Anies Baswedan lewat forum resmi.

Adapun dukungannya hanya disampaikan lewat keterangan Ketua Umum Partai Demokrat AHY.

AHY menilai pihaknya tidak perlu lagi mendeklarasikan Anies Baswedan secara formal sebagai bakal calon presiden (bacapres) 2024.

“Sudah kami sampaikan bahwa sikap Partai Demokrat sudah sangat jelas,” kata AHY usai menghadiri acara Haul ke-12 KH Zainuddin MZ, di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (24/2/2023) malam.

AHY juga menyebut Demokrat sudah menyampaikan sikap dukungan untuk Anies saat menerima kunjungan DPP Partai Nasdem

“Kami juga mengutarakan apa yang menjadi sikap dan posisi Partai Demokrat terkait dengan bagaimana Koalisi Perubahan ini bisa segera terwujud, segera terealisasi,” pungkasnya.

Also Read