5 Aplikasi Penghitung Kalori Makanan yang Bisa Membantu Program Diet Anda

Redaksi

5 Aplikasi Penghitung Kalori Makanan yang Bisa Membantu Program Diet Anda

Aplikasi Penghitung Kalori Makanan – Mengontrol asupan kalori dalam tubuh sangatlah penting. Kelebihan kalori dapat menyebabkan masalah obesitas. Di era teknologi yang serba canggih ini, ada banyak aplikasi penghitung kalori makanan yang dapat Anda gunakan sebagai pendamping diet.

Dengan bantuan aplikasi penghitung kalori makanan tersebut, melacak kalori makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh menjadi lebih mudah. Anda hanya perlu memasukkan informasi mengenai makanan yang telah dikonsumsi ke dalam aplikasi, dan jumlah kalorinya akan terhitung. Lalu, apa saja aplikasi-aplikasi yang bisa Anda gunakan?

Aplikasi Penghitung Kalori Makanan

FatSecret

Aplikasi ini meminta Anda untuk memasukkan data seperti berat badan, tinggi badan, usia, dan jenis kelamin pada awal penggunaan. Berdasarkan informasi tersebut, aplikasi akan memberikan perkiraan jumlah kalori yang sebaiknya Anda konsumsi. FatSecret menyediakan beberapa cara untuk menghitung kalori yang masuk.

Anda dapat memilih menggunakan fitur pemindai barcode, pengenalan citra, atau mencatatnya secara manual. Aplikasi ini memiliki database yang berisi informasi mengenai kalori makanan, sehingga Anda dapat dengan mudah memilih perkiraan jumlah kalori berdasarkan makanan yang Anda konsumsi. Selain itu, FatSecret juga dapat melacak kalori yang terbakar selama aktivitas fisik.

FatSecret terintegrasi dengan Samsung Health, Google Fit, dan FitBit, serta memungkinkan Anda untuk mencatat latihan fisik secara manual. Aplikasi ini juga menyediakan kalender diet dan laporan untuk memantau kemajuan Anda. Jika Anda menginginkan lebih banyak fitur, tersedia versi premium dari FatSecret.

Baca Juga :  5 Tips Diet Sehat Dengan Minum Air Putih

MyFitnessPal: Calorie Counter

Lebih dari 100 juta orang telah mengunduh MyFitnessPal melalui Play Store. Hal ini dikarenakan aplikasi penghitung kalori makanan ini lengkap dan terintegrasi. Selain melacak jumlah kalori dan mencatat makanan, pengguna juga dapat menggunakan fitur-fitur lainnya.

Anda dapat mengatur target pribadi, mencatat makanan yang dikonsumsi, aktivitas fisik, memantau puasa, serta melihat perkembangan Anda. Database MyFitnessPal mencakup lebih dari 14 juta jenis makanan, yang memudahkan Anda untuk melacak kalori, nutrisi, dan makronutrien yang masuk ke dalam tubuh. Aplikasi ini juga memiliki komunitas yang suportif.

MyFitnessPal dilengkapi dengan dasbor pribadi yang menarik dan dapat terhubung dengan lebih dari 50 aplikasi dan perangkat kebugaran lainnya. Jika Anda masih ragu untuk mencobanya, MyFitnessPal menawarkan percobaan versi premium secara gratis selama 30 hari.

Cronometer

Cronometer tersedia dalam versi gratis dan berbayar. Versi gratis menyediakan akses untuk melacak 82 makro dan mikronutrien, mengatur profil pribadi, mencatat makanan, minuman, air yang dikonsumsi, serta aktivitas fisik. Aplikasi ini juga memungkinkan pelacakan nutrisi seperti protein dan karbohidrat.

Cronometer dapat terintegrasi dengan berbagai perangkat kebugaran, seperti WearOS, Samsung Health, FitBit, Strava, Garmin, dan lain-lain. Jika Anda ingin menggunakan aplikasi tanpa iklan dan mendapatkan fitur premium, Anda dapat berlangganan Cronometer Gold. Harga berlangganan ini adalah $8,99 per bulan atau $49,99 per tahun.

Baca Juga :  Anak Obesitas Tidak Perlu Diet, Dokter Sarankan Orangtua Lakukan Ini

Lifesum: Healthy Eating & Diet

Selain sebagai aplikasi penghitung kalori makanan, pelacak makro, air, dan aktivitas fisik, Lifesum menawarkan fitur yang menarik dan sedikit berbeda. Aplikasi ini menyediakan daftar rencana diet, rencana puasa, bahkan daftar belanja yang lengkap untuk berbagai program diet.

Lifesum tidak hanya mengajak pengguna untuk melakukan diet, tetapi juga untuk mempelajari dan mengadopsi pola makan yang sehat sesuai dengan gaya diet yang dipilih. Dengan aplikasi ini, Anda dapat mencapai berat badan ideal dan hidup dengan tubuh yang sehat.

Lose It!

Lose It! dapat menjadi teman diet yang nyaman bagi siapa saja, termasuk mereka yang menjalani diet vegan. Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur-fitur seperti pemindai barcode, pencatatan kalori menggunakan foto makanan, pelacakan nutrisi makro, serta sinkronisasi dengan aplikasi kebugaran lainnya. Semuanya dapat dilakukan dengan mudah.

Dengan aplikasi Lose It!, Anda dapat melakukan perencanaan makanan, mempelajari pola makan pribadi, dan menemukan resep-resep sesuai dengan rencana diet Anda. Jika Anda menginginkan fitur tambahan, Lose It! juga menyediakan layanan versi premium. Apakah Anda tertarik untuk mencobanya?

Itulah beberapa rekomendasi aplikasi penghitung kalori makanan yang dapat Anda manfaatkan untuk mendukung program diet Anda. Dengan mengadopsi gaya hidup sehat dan mengontrol asupan kalori, Anda dapat mencapai tujuan kesehatan Anda dengan lebih mudah melalui bantuan aplikasi-aplikasi praktis seperti yang telah disebutkan di atas.

Also Read