Cara Menggunakan Aplikasi Threads Sebagai Alternatif Twitter: Log In Melalui Akun Instagram

Redaksi

Cara Menggunakan Aplikasi Threads Sebagai Alternatif Twitter: Log In Melalui Akun Instagram

Corong Nusantara – Setelah diluncurkan oleh Mark Zuckerberg pada akhir pekan lalu, aplikasi Threads telah menjadi perbincangan hangat di kalangan pengguna internet di seluruh dunia, dengan jumlah pengguna mencapai 70 juta.

Dalam naungan Meta, platform media sosial yang diciptakan Zuckerberg ini memungkinkan pengguna untuk mengunggah pembaruan dalam bentuk teks dengan batas 500 karakter, melebihi batasan 280 karakter pada versi gratis Twitter.

Selain mengunggah teks, pengguna juga dapat membagikan tautan, foto, dan video dengan durasi hingga lima menit. Mirip dengan Instagram, feed utama di Threads berisi konten dan postingan yang direkomendasikan dari orang yang diikuti pengguna.

Meskipun cara kerja Threads mirip dengan Twitter, Zuckerberg mengklaim bahwa platform media sosial buatannya unggul karena dilengkapi fitur berbagi atau share.

Sehingga pengguna dapat membagikan konten mereka melalui Story dan Feed Instagram, atau ke aplikasi lain seperti Twitter, seperti yang dilaporkan oleh TechCrunch.

Selain itu, pengguna Threads juga dapat membatasi siapa yang dapat membalas unggahan mereka, apakah kepada semua pengguna, hanya orang yang diikuti, atau pengguna yang disebutkan dalam unggahan.

Yang menarik, untuk bergabung dengan aplikasi ini, pengguna hanya perlu menghubungkan akun Instagram mereka. Dengan begitu, pengguna yang sudah memiliki akun Instagram dapat dengan mudah mengakses Threads.

Baca Juga :  Threads Meledak Populer! Mark Zuckerberg Ungkap 70 Juta Pengguna Di Seluruh Dunia

Bagi pengguna yang tidak memiliki akun Instagram, Zuckerberg juga memberikan opsi untuk mendaftar menggunakan alamat email.

Cara Mengunduh dan Mendaftar Aplikasi Threads

Layanan media sosial berbasis mikroblogging ini dapat dengan mudah diunduh melalui toko aplikasi resmi Google Play Store dan Apple App Store. Untuk versi Android, aplikasi ini memiliki ukuran file sekitar 75 MB, sedangkan untuk versi iOS, ukuran filenya lebih besar, yaitu sekitar 250 MB.

Setelah proses pengunduhan selesai, pengguna dapat langsung membuka aplikasi dan menghubungkan akun Threads dengan akun Instagram yang telah terdaftar.

Selanjutnya, pengguna akan diminta untuk mengkonfirmasi beberapa informasi profil, serta diberikan pilihan apakah ingin mengikuti orang yang sudah diikuti di Instagram sebelumnya atau tidak, dan menyetujui beberapa akses pengambilan data oleh Meta.

Namun perlu diingat, jika Anda menghubungkan akun Threads dengan Instagram, maka ketika akun Threads dihapus secara permanen, akun Instagram Anda juga akan ikut terhapus.

Fitur Unggulan Threads

Pada tampilan awal, Threads memang terlihat mirip dengan aplikasi Twitter yang dikembangkan oleh Elon Musk. Namun, jika diperhatikan lebih detail, antarmuka pengguna (UI) dan pengalaman pengguna (UX) Threads jauh berbeda dengan Twitter.

Di bawah setiap cuitan Twitter, terdapat ikon balasan (reply), retweet, suka (likes), dan bagikan (share). Sedangkan Threads memiliki urutan ikon suka, balasan, repost, dan bagikan.

Baca Juga :  80 Persen Netizen Tolak Subsidi Kendaraan Listrik

Berbeda dengan Twitter, nama pengguna atau handles yang ditampilkan di Threads lebih besar dan tebal. Sementara itu, cuitan yang diunggah secara publik memiliki teks yang lebih kecil dan font yang lebih kecil pula. Dengan begitu, pengguna dapat dengan mudah membedakan antara isi cuitan dan akun yang mengunggahnya.

Also Read