Rusia Luncurkan Serangan Rudal Besar-besaran Di Kryvyi Rih

Redaksi

Rusia Luncurkan Serangan Rudal Besar-besaran Di Kryvyi Rih

Corong Nusantara – Tiga orang tewas dan 25 lainnya luka-luka dalam serangan rudal besar-besaran oleh Rusia terhadap gedung-gedung sipil di kota Kryvyi Rih, Dnipropetrovsk, Ukraina, pada Selasa (13/6/2023) dini hari.

“Sebuah bangunan perumahan bertingkat termasuk di antara infrastruktur sipil yang terkena serangan dini hari Selasa,” kata Serhiy Lisak, gubernur Dnipropetrovsk di saluran Telegram-nya, Selasa (13/6/2023).

“Bangunan lima lantai hancur. Menurut laporan awal, tiga warganya meninggal dan 25 orang terluka,” lanjutnya, dikutip dari Al Jazeera.

Dari total korban terluka, 19 orang dilarikan ke rumah sakit.

Gubernur Serhiy Lisak memposting foto blok apartemen lima lantai dengan semua jendela pecah dan asap keluar dari gedung.

Sementara itu, Wali Kota Kryvyi Rih, Oleksandr Vilkul mengatakan, orang-orang kemungkinan besar terjebak di bawah puing-puing bangunan yang terkena serangan terbaru.

Rekaman video yang dibagikan di media sosial menunjukkan apartemen tempat tinggal rusak dan puing-puing serta kebakaran di daerah lain, dikutip dari The Guardian.

Serangan Rudal Rusia di Kyiv

Selain kota Kryvyi Rih, Ibu Kota Ukraina, Kyiv juga mendapat serangan rudal dan drone Rusia.

Sirene serangan udara meraung di seluruh Ukraina.

Namun, serangan itu berhasil ditangkis oleh sistem pertahanan udara di Kyiv sebelum jatuh ke kota.

Baca Juga :  Kena Sanksi Barat, Rusia Klaim Masih Dapat Cuan Besar Dari Ekspor Energi

“Menurut laporan awal, musuh menggunakan rudal jelajah Kh-101/555,” kata administrasi militer kota Kyiv, Selasa (13/6/2023).

“Semua target musuh di wilayah udara sekitar Kyiv terdeteksi dan berhasil dihancurkan oleh pasukan dan sarana pertahanan udara,” kata pemerintah.

Saat ini tidak ada informasi langsung mengenai korban atau kerusakan di Kyiv.

Belum jelas berapa banyak rudal yang menghantam Kryvyi Rih dan di mana drone yang diluncurkan Rusia menyerang target mereka.

Tidak ada komentar langsung dari Rusia tentang serangan yang dilaporkan.

Presiden Ukraina Kecam Rusia

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky, menyampaikan belasungkawa kepada keluarga korban tewas dalam serangan itu.

Ia berjanji, Rusia tidak akan pernah dimaafkan dan akan dimintai pertanggungjawaban atas setiap rudal yang mereka luncurkan.

“Sayangnya, ada yang tewas dan terluka. Operasi penyelamatan di Kryvyi Rih berlanjut. Belasungkawa saya kepada semua orang yang telah kehilangan orang yang mereka cintai,” tulis Presiden Zelensky di Twitter.

Presiden Zelensky juga mengutuk serangan Rusia melalui saluran Telegram-nya.

“Pembunuh Rusia melanjutkan perang mereka melawan bangunan tempat tinggal, kota-kota biasa, dan orang-orang,” katanya di aplikasi perpesanan Telegram.

Sebelumnya, Kryvyi Rih terkena rudal Rusia pada bulan Desember 2022, yang menewaskan tiga orang dan melukai sedikitnya 13 orang.

Baca Juga :  Ukraina Setuju Bahas Soal Netralitas, Rusia Sebut Peluang Damai Hampir Disepakati

Komando militer utama Ukraina mengatakan 10 dari 14 rudal jelajah yang diluncurkan Rusia di negara itu hancur, serta satu dari empat drone buatan Iran.

Gelombang serangan terbaru ini menyusul serangan balasan Ukraina dan klaimnya yang merebut kembali tiga desa di Donetsk.

Also Read